Denda 500 Ribu Bagi Pengendara yang Parkir Sembarangan Belum Bisa Diterapkan, Ini Sebabnya

Hingga saat ini, penerapan denda Rp 500 ribu bagi pemilik kendaraan yang parkir sembarangan belum bisa diterapkan. Pasalnya, saat ini

Denda 500 Ribu Bagi Pengendara yang Parkir Sembarangan Belum Bisa Diterapkan, Ini Sebabnya
tribunjambi/rohmayana
Tampak petugas parkir dari Dishub Kota Jambi, saat mengempeskan ban mobil pengendara yang parkir di badan jalan, Senin (5/3/2018).

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Hingga saat ini, penerapan denda Rp 500 ribu bagi pemilik kendaraan yang parkir sembarangan belum bisa diterapkan. Pasalnya, saat ini Dinas Perhubungan Kota Jambi masih terkendala persiapan rambu-rambu lalu lintas dan mobil derek.

Hal ini disampaikan Saleh Ridho, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi bahwa pihaknya hingga saat ini memang belum bisa menerapkan denda Rp 500 ribu terhadap kendaraan yang parkir liar. Sebab, saat ini masih dalam proses persiapan dari Dishub sendiri.

Baca: Limbah Pelaku Usaha Juga Sebabkan Banjir, DLH Pantau Usaha yang Belum Miliki IPAL

“Penerapan perda untuk denda memang belum bisa kita terapkan saat ini. Kemungkinan pada pertengahan tahun nanti baru kita bisa terapkan,” katanya.

Dikatakan Saleh bahwa beberapa penyebab diantaranya masih banyaknya rambu larangan parkir yang belum terpasang. Sebab dikatakannya kebanyakan masyarakat baru mengetahui tidak boleh ada larangan parkir jika ada rambu yang terpasang.

“Padahal kan sudah ada aturannya dimana tidak boleh parkir sembarangan di badan jalan. Untuk itu sebelum menerapkan denda ini, kita siapkan rambunya dulu agar tidak ada yang salah pengertian nantinya,” jelasnya.

Selain itu pihak Dishub juga sedang mempersiapkan rekening khusus yang nantinya digunakan untuk pembayaran denda. Dishub juga sedang mempersiapkan mobil derek yang nantinya bisa digunakan untuk membawa mobil yang parkir sembarangan tersebut. “Semua lagi proses, baik rekening maupun mobil dereknya,” katanya.

Baca: HUT ke 68 - Satpol PP Kota Jambi Sudah Segel 9 Tempat Usaha

Baca: VIDEO: 15 Ribu Benih Ikan Jelawat Disebar di Danau Sipin Oleh BKIPM Jambi

Namun menurutnya, Dishub tetap rutin melaksanakan penerapan perda tentang parkir di Kota Jambi. Diantaranya dengan melakukan gembos atau tilang bagi kendaraan yang parkir sembarangan.

“Meskipun begitu, ini tidak menjadi alasan bagi kita untuk tidak menerapkan perda. Sebab, tim kita terus melakukan razia parkir liar secara rutin dan memberlakukan tilang atau gembos di tempat,” ujarnya.

Penulis: Rohmayana
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved