Breaking News:

Kesehatan

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berlari

Ada banyak pilihan untuk jogging di Jambi namun jika kamu ingin mencoba jogging ke tempat baru kamu bisa berlari di jalan raya

Penulis: Nurlailis
Editor: Fifi Suryani
ISTIMEWA

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Ada banyak pilihan untuk jogging di Jambi namun jika kamu ingin mencoba jogging ke tempat baru kamu bisa berlari di jalan raya. Bukannya berbahaya? Tentu tidak selama kamu mengetahui beberapa hal ini.

Sutono dari komunitas BBJ Runners mengatakan beberapa hal yang harus diperhatikan saat berlari di jalan raya. Pertama, berlari disebelah kanan gunanya untuk mengetahui arah lawan. “Trotoar di Jambi tidak bagus bahkan cenderung membahayakan. Tapi kalau ada trotoar yang bagus sebaiknya pindah ke trotoar,” ujarnya.

Baca: Sidak Sekda dan Dinkes Kota Jambi, 4 Kaleng Sardines Positif Berisi Cacing

Kedua, tidak berlari dengan cara bergerombol. Kecenderungan orang adalah berlari sambil mengobrol sehingga hal ini membuat akses jalan yang menumpuk.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan adalah cara berlari. Ia menjelaskan yang perlu diperhatikan saat berlari adalah jumlah langkah, kecepatannya, gerakan tanganya, kepala agak tegak, dada membusung kedepan, kaki mendarat tidak boleh dengan tumit tapi telapak kaki tengah.

“Nafas juga diseseuaikan tergantung kecepatan. Tiga langkah tarik napas tiga langkah buang napas, atau dua langkah tarik napas dua langkah buang napas,” jelasnya.

Setelah lari yang pasti kaki tidak boleh dilipat dan harus duduk. Harus istirahat dulu tidak boleh langsung mandi dalam kondisi masih berkeringat. Dan jangan lupa untuk minum.

“Ketika minum biasanya akan ada banyak keringat keluar lagi karena badan masih dalam kondisi panas. Kalau sudah kering keringat baru boleh mandi. Tidak disarankan habis jogging langsung makan-makanan berat, memang akan terasa lapar tapi sebaiknya mengonsumsi buah atau makanan yang mengandung banyak cairan,” tuturnya.

Baca: Komunitas BBJ Runners - Akan Ada Fotografer yang Membidik Saat Kamu Berlari

Baca: Komunitas BBJ Runners - Belari Besamo Setiap Minggu Pagi

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved