Aduh, 45 SMP di Kerinci Tak Bisa UNBK Tetapi UNKP, Dua SMP Tak Punya Kelas 3

Dari 52 SMP yang menggelar UN, 9 sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sedangkan 45 SMP di antaranya tidak bisa

Tribun Jambi/Hendridede Putra
SMP di Kota Sungai Penuh. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Hendridede Putra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara nasional akan digelar bulan depan. Di Kabupaten Kerinci, dari ada 54 SMP, hanya 52 SMP yang menggelar ujian nasional.
Dua SMP di antaranya tidak bisa menggelar ujian nasional lantaran belum ada kelas tiga.

"Dua sekolah tersebut belum ada kelas 3, karena baru berdiri. Yakni SMP 53 Sungai Sikai dan SMP 54 Cupak Kecamatan Danau Kerinci," kata Amri Swarta, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci, kepada tribunjambi.com, Rabu (21/3).

Dari 52 SMP pelaksana ujian nasional itu, hanya 9 sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sedangkan 45 SMP di antaranya tidak bisa UNBK, hanya saja akan melaksanakan ujian nasional Kertas Pensil (UNKP). Karena dapat berbagai kendala maka SMP tersebut tidak bisa dengan sistem komputer.

"Pertama, terkendala sarana prasarana komputer. Kedua, sesuai geografis Kerinci yang masih banyak sekolah di pinggiran, letak SMP banyak yang tidak ada jaringan internet," jelas Amri

Sebanyak 9 SMP yang akan menggelar UNBK tersebut, prasarana komputer, server itu bantuan dari pemerintah pusat. Sedangkan dari APBD Kerinci, pada 2018 Pemda Kerinci juga menyiapkan 120 unit komputer untuk tiga sekolah.

Baca: Terminal Sudah Diambil Alih Kementerian Tapi Pemasukan Kurang, Ternyata Ini Penyebabnya

Baca: VIDEO: Hari Tanpa Bayangan 21 Maret 2018, Kondisi di Jambi Malah Seperti Ini

"Hanya saja dana APBD belum bisa dibelanjakan untuk komputer karena sistem e-Katalog. Sementara itu, try out itu sdh berjalan, sehingga dana bantuan APBD untuk pengadaan komputer itu kita persiapkan untuk tahun 2019," beber mantan Sekwan DPRD Kerinci ini.

Terkait jumlah peserta UN, seluruh SMP keseluruhan 3.677 peserta. Itu terbagi 853 siswa UNBK dan 2.824 peserta UNKP.

Halaman
12
Penulis: hendri dede
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved