Human Interest

VIDEO: Terinspirasi Atasan, Babinkantibmas di Pengabuan Ini Ubah Motor Dinas Jadi Pustaka Keliling

Anggota Babinkantibmas menerjemahkan cerita pimpinannya, Kapolsek Pengabuan tentang menumbuhkan minat baca.

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Hendri Dunan Naris

TRIBUNJAMBI.COM, TANJABBAR - Anggota Babinkantibmas menerjemahkan cerita pimpinannya, Kapolsek Pengabuan tentang menumbuhkan minat baca. Bermodalkan kantong sendiri, Bripka Ucen S Kasih akhirnya membuat pustaka keliling menggunakan motor dinas.

Polsek Pengabuan Polres Tanjab Barat melalui Babinkantibmas memiliki satu motor perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling ini tercetus dari penerjemahan pembicaraan antara Kapolsek Pengabuan, Iptu Agus Purba SH dan Bripka Ucen S Kasih selaku Babinkantibmas. Kini perpustakaan keliling Polsek Pengabuan ini sudah berjalan dua minggu lamanya. Sudah beberapa sekolah di beberapa desa yang sudah disambangi.

Baca: Air Sungai Sungumai Keruh Pasca-PT SPC Beroperasi, Warga Minta Bangunkan Lagi 15 Sumur Bor

Kapolsek Pengabuan, Iptu Agus Purba SH kepada Tribun (9/2) menceritakan awal dibuatnya perpustakaan keliling oleh Bripka Ucen S Kasih. Diawalli pembicaraan keduanya ketika bertemu di kantor Polsek Pengabuan. Lantas mereka bercerita tentang kegemaran membaca masing-masing. Sampailah kepada, Cerita dirinya yang pernah berdinas di Polsek sebelumnya pernah menggagas untuk mendirikan perpustakaan. Ketika itu menggunakan mobil pribadi. Tetapi hal itu tidak berjalan lama karena kendala medan dan ketersediaan buku.

“Idenya perpustakaan keliling yang saya ceritakan menggunakan mobil. Tetapi terkendala banyak hal dan ketika itu terhenti sampai mutasi ke Polsek Pengabuan ini. Dan ternyata cerita saya itu diterjemahkan Bripka Ucen,”ungkap Kapolsek, Iptu Agus Purba SH.

Saat di tempat dinas lamanya, Iptu Agus Purba mengatakan kerap membeli buku sendiri untuk menambah koleksi bacaan yang akan dibawa untuk bacaan pelajar dan masyarakat. Dirinya mengatakan kerap membeli buku murah ketika ada diskon di toko buku Gramedia. Setiap ada kesempatan, dirinya sampai menghabiskan beberapa ratus ribu untuk menambah buku koleksinya.

Baca: Awal Pekan IHSG Berpotensi Menguat, Simak Saham-saham Pilihan Berikut

Baca: Menurut Prabowo Fadli Zon Bisa jadi Presiden RI Jika Namanya Diubah Menjadi Ini

“Buku diskon itukan murah. Saya borong untuk menambah koleksi perpustakaan setiap minggu,”ungkapnya.

Halaman
123
Penulis: dunan
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved