ADVERTORIAL

Bersama Ribuan Peziarah, Syarif Fasha Hadiri Haul Al-Habib Husein Bin Ahmad Baraqbah

Potensi Jambi Kota Seberang sangat luar biasa .... pengembangan sebagai pusat wisata religi....

Bersama Ribuan Peziarah, Syarif Fasha Hadiri Haul Al-Habib Husein Bin Ahmad Baraqbah
ISTIMEWA
Wali Kota Fasha saat sambutan. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Kota Jambi kembali menggelar peringatan Haul Ad-Da'i IlAllah Al-Habib Husein bin Ahmad Baraqbah. Tokoh ini merupakan peletak dasar peradaban Islam di Jambi pada abad ke-17.

Puncak peringatan Haul Al-Habib Husein bin Ahmad Baraqbah ke-266, yang juga dikenal dengan sebutan Tuanku Keramat Tambak di sebagian kalangan masyarakat setempat itu, berlangsung di Masjid Jami' Al-Ba'alawy, Kelurahan Arab Melayu, Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi, Sabtu (27/1).

Kegiatan ritual yang juga berupa wisata religi itu sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Jambi, pada kegiatan pengembangan Kota Jambi Seberang sebagai pusat wisata religi.

Kegiatan yang dikerjasamakan dengan keluarga almarhum Shohibul Haul dan masyarakat khususnya para kalangan habaib itu, dihadiri tidak kurang dari 5.000 jemaah, yang datang baik dari dalam dan luar Provinsi Jambi. Bahkan, puluhan peziarah ada yang dari luar negeri, seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

Jamaah haul Tuanku Keramat Tambak.
Jamaah haul Tuanku Keramat Tambak. (ISTIMEWA)

Peringatan Haul Al-Habib Husein bin Ahmad Baraqbah yang menghadirkan penceramah Al-Habib Musthofa bin Muhammad Al-Hamid dari Jakarta dan Syech Samih Alkuhali dari Tarim Hadhramaut (Yaman Selatan), itu berlangsung khidmat.

Acara diawali dengan salat Subuh berjamaah, dilanjutkan dengan Ziarah Makam di pemakaman Keramat Tambak Kelurahan Tahtul Yaman, Kecamatan Pelayangan dan diakhiri dengan pembacaan Tahlil, Maulid serta Ceramah Agama di Masjid Jami' Al-Ba'alawy.

Tausiah Syech Samih Alkuhali dari Tarim Hadhramaut (Yaman Selatan).
Tausiah Syech Samih Alkuhali dari Tarim Hadhramaut (Yaman Selatan). (ISTIMEWA)

Selain dihadiri ribuan peziarah dari berbagai daerah, turut pula hadir dalam acara itu, Wakapolda Jambi Kombes Pol Ahmad Haiydar, Habib Abdussalam bin Alwy Al-Hinduan pimpinan majelis Liwa ul Musthafa Indonesia sekaligus juga anggota Dewan Syuro DPP Rabithah Alawiyah, Staf Ahli Wali Kota, Izhar Muzani, Asisten Pemerintahan Sekda Kota Jambi Mukhlis A Muis, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi, Rindang Afrianto, Camat Pelayangan dan para lurah serta ketua RT se-Kecamatan Pelayangan.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, yang hadir disambut ribuan peziarah. Dalam sambutannya, dia menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan haul tersebut. Ia mengatakan kegiatan yang didukung Pemerintah Kota Jambi itu adalah salah satu wujud percepatan pengembangan Jambi Kota Seberang sebagai pusat wisata religi.

"Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Jambi mempercepat pengembangan Jambi Kota Seberang sebagai pusat wisata religi," ujarnya.

Umaro ulama untuk Kota Jambi.
Umaro ulama untuk Kota Jambi. (ISTIMEWA)

Fasha menambahkan, bahwa potensi Jambi Kota Seberang sangat luar biasa khususnya dari sisi sejarah masuknya Islam. Selain akan menambah dukungan dana penyelenggaraannya melalui APBD, Ia juga minta instansi terkait bersama panitia dan masyarakat dapat menyelenggarakan kegiatan tersebut menjadi lebih variatif dan menarik, seperti dengan menggelar festival Islami dan bazar sebagai rangkaian haul tersebut.

Halaman
123
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved