Musibah Gempa

Gempa Banyumas - Gedung RSUD Rusak, Seperti Ini Kondisi Pasien yang Memprihatinkan

Gempa kuat dengan pusat gempa Jawa Barat tadi malam, Jumat, 15 Desember 2017 menimbulkan kerusakan dan korban

Gempa Banyumas - Gedung RSUD Rusak, Seperti Ini Kondisi Pasien yang Memprihatinkan
KOMPAS.com/Rahmat Rahman Patty
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Gempa kuat dengan pusat gempa Jawa Barat tadi malam, Jumat, 15 Desember 2017 menimbulkan kerusakan dan korban di sejumlah tempat.

Salah satu kondisi kerusakan bangunan yang banyak beredar foto-fotonya di media masaa dan media sosial ada di RSUD Banyumas.

Pascagempa yang terjadi di pesisir Jawa Barat, Jumat (15/12/2017) malam, sejumlah bagian gedung RSUD Banyumas dilaporkan mengalami kerusakan.

Baca: NGERI - Sopir Angkot Pukul Mobil Taksi Online dengan Membabi Buta , Penumpang Ketakutan

Kerusakan antara lain terjadi di gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) tiga lantai, ruang ICU, laboratorium, dan Gedung Pusat Thalasemia.

“Langit-langit di IGD ambrol, dan hampir di seluruh ruangan yang rusak temboknya mengalami retak-retak,” kata Direktur RSUD Banyumas, AR Siswanto Budiwiyoto saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/12/2017) dini hari.

Selain kerusakan gedung, Siswanto juga menyebut, ada kebocoran instalasi pipa gas oksigen yang berimbas pada seluruh ruangan.

“Tadi sempat bocor, tapi sekarang sudah berhenti, mungkin sudah habis (oksigen), untuk kondisi darurat kami gunakan tabung oksigen bagi pasien,” ujarnya.

Akibat kerusakan yang terjadi di sejumlah bagian gedung, pihak RSUD mengambil langkah untuk mengevakuasi sedikitnya 70pasien dari ruang rawat inap.

Para pasien ini ditampung dalam tenda Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas demi mengantisipasi gempasusulan.

Baca: Santai Tapi Serius, Sinsen Berikan Edukasi Safety Riding Ke Pelajar SMK Satria Jambi

Baca: Menkominfo Ancam Pelarangan Operasi Google dan Twitter Terkait Konten Pornografi dan Cabul

“Kami bersyukur tidak ada korban dalam insiden ini. Saat ini petugas dari dinas (Cipta Karya) sedang masuk untuk menganalisis kondisi gedung, jika tidak memungkinkan untuk ditempati, pasienakan kami pindah ke ruang yang lain,” pungkasnya.

Berita ini telah dipublikasikan sebelumnya di Kompas.com dengan judul Gedung Rusak Akibat Gempa, Pasien RSUD Banyumas Dirawat di Tenda

Editor: fifi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved