Petani Minta Pemkab Kerinci Buka Jalan Dekat Bandara

Petani dari desa Hiang, deda Cupak, Ambai kecamatan Sitinjau Laut dan petani Desa Tanjung Tanah Kecamatan Danau Kerinci masih melintasi landasan Banda

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Petani dari desa Hiang, deda Cupak, Ambai kecamatan Sitinjau Laut dan petani Desa Tanjung Tanah Kecamatan Danau Kerinci masih melintasi landasan Bandara Depati Parbo saat pergi kesawah. Mereka meminta jalan usaha tani dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci.

Seorang petani deda Cupak mengatakan pihaknya merasa beresiko tinggi bagi saat melintasi landasan Bandara. Apalagi telah beroperasinya pesawat setiap hari. "Saat ini kami terpaksa melintas, tidak ada jalan lain, karena jalan yang dijanjikan Pemerintah kabupaten Kerinci hingga saat ini tidak kunjung dibangun," jélasnya Rabu (6/9).

Petani berharap kepada pemerintah Kabupaten Kerinci untuk dapat membangun jalan usaha tani agar mereka tidak lagi melintasi landasan bandara. "Kalau tanah mau kami hibahkan tapi dak ado uhang mau membangun, kalau yang miliki sawah disini Cupak, Ambai, Tanjung Tanah dan Hiang," ujarnya.

Bupati Kerinci, H Adirozal dikonfirmasi mengatakan untuk jalan usaha tani pihaknya sudah menyampaikan kepada camat untuk berkoodinasi dengan Kepala desa terkait. Agar melakuka pembebasan lahan atau tanah untuk dibangunkan jalan usaha Tani.

Bupati mengatalan halan lebijv200 meter tersebut tak bisa digunakan dari dana desa. Karena itu hatus menggunakan APBD. "Kalau masyarakat siap membebaskan lahannya mudah-mudahan bisa dianggarkan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) ini, bisa dianggarkan," katanya.

Namun, jika sulit dianggarkan di APBD Perubahan ini, lanjutnya pihaknya akan menggunakan anggaran tanggap darurat untuk membangunnya. Karena jalan usaha tani tersebut bisa masuk jalan kabupaten Kerinci sebab menghubungkan antar desa. "Kalau di dewan nantinya ada pos yang sulit dialihkan anggaran untuk jalan usaha tani, kita akan menggunakan dana tanggap darurat," jelasnya.

Dia mengajak saat ini bagi petani yang akan pergi kesawah dengan melintasi landasan Bandara, dirinya minta kepada Dinas Perhubungan kabupaten Kerinci untuk membawa dengan menggunakan mobil. "Untuk sementara saya minta kadis perhubungan untuk membawa petani yang akan kesawah dengan menggunakan mobil hingga ke bagian ujung bandara, jadi pesawat sudah mendarat mereka sudah diantar ujung bandara," pungkasnya.

Penulis: hendri dede
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved