VIDEO

VIDEO: Yang Suka Fitnah, yang Suka Gunjing Lihat Video Karya 'Minang Sedunia' Ini

Fenomena penyebaran berita/informasi fitnah/palsu yang akrab disebut hoax kian marak kita temukan melalui media sosial.

VIDEO: Yang Suka Fitnah, yang Suka Gunjing Lihat Video Karya 'Minang Sedunia' Ini
Facebook/Minang Sedunia

TRIBUNJAMBI.COM - Fenomena penyebaran berita/informasi fitnah/palsu yang akrab disebut hoax kian marak kita temukan melalui media sosial. Penyebabnya, karena tidak ada klarifikasi terhadap suatu informasi yang belum jelas asal-usal dan dasarnya.

Sayangnya, banyak orang dengan mudah menelan mentah-mentah informasi tersebut, lalu membagikan lagi di dunia maya sehingga semakin banyak orang menganggap itu benar.

Video karya 'Minang Sedunia' yang baru diunggah Sabtu (18/6) sekitar pukul 02.00 dini hari ini menjadi ulasan yang kreatif terkait berkembangnya sebuah informasi fitnah/hoax di tengah- tengah masyarakat dan makin menyebar melalui media sosial.

Adalah David, pria yang baru menerima telepon mengabari bahwa barang yang ditunggunya sudah sampai. Ia kemudian berangkat dari rumah kontrakannya dengan motornya. Tiga perempuan yang tengah duduk di teras rumah sebelah langsung mengklaim barang yang dimaksud sebagai narkoba.

Meski salah satu menjelaskan agar tidak suudzon namun mereka tetap yakin pada anggapannya, apalagi David sepengetahuan mereka seorang pengangguran.

Cerita berlanjut, ketika suami perempuan tersebut datang. Perempuan yang mengklaim David sebagai pengedar langsung menginformasikan kepada suami tetangganya itu. Meski istrinya sudah mengingatkan agar klarifikasi, ia lebih percaya info itu, lalu menyebarkannya ke grup media sosial warga setempat.

Informasi dengan cepat menyebar, sampai sekelompok warga berbondong-bondong bermaksud mengusirnya.

Sebelum drama pengusiran terjadi, seorang perempuan mendatangi rumah David. Perempuan tetangga David penyebar isu pertama kali menanyakan, apakah ia mencari narkoba. Lalu perempuan itu mengatakan, "bukannya David berjualan rendang online".

David pun akhirnya pergi dari rumahnya. Ending cerita adalah amanat dari Bupati Dharmasraya Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan,SE terkait penyebaran informasi hoax. Amanat yang mengambil momen HUT Kemerdekaan RI tersebut disampaikan sebagai berikut:

Di zaman ini musuh kita bukan lagi orang lain, tapi diri kita sendiri. Kita hidup di zaman teknologi informasi, semua orang bisa mengakses informasi mulai dari informasi baik sampai bohong.

Siapa yang menerima informasi tanpa klarifikasi ia akan jadi korban informasi. Siapa yang cerdas menggunakan teknologi informasi, ia akan jadi pahlawan masa kini.

Berikut video karya 'Minang Sedunia' yang dalam waktu singkat telah disaksikan lebih 740 ribu kali, dan dibagikan hingga 499 kali:

Semoga kehadiran video ini, dapat menekan penyebaran berita fitnah/hoax dan masyarakat bisa lebih cerdas dalam menerima informasi.

Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved