Pemprov Jambi Bangun Dua SMA Negeri Baru di Kabupaten Ini

Pemerintah Provinsi Jambi tahun ini berupaya membangun dua unit Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri baru di dua kabupaten, Selasa (1/8).

Pemprov Jambi Bangun Dua SMA Negeri Baru di Kabupaten Ini
TRIBUN JAMBI/ANDIKA ARNOLDY
04072017_zola 

TRIBUNJAMBI.COM  - Pemerintah Provinsi Jambi tahun ini berupaya membangun dua unit Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri baru di dua kabupaten, Selasa (1/8).

"Ini sebagai upaya pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan di daerah tersebit,"kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi yang di Wakili kasi kurikulim dan penilaian SMA, Amri Daiman.

Dikatakannya untuk lokasi ke dua SMA tersebut akan dibangun di Desa Pondok Meja, Kabupaten Muarojambi dan di Kabupaten Sarolangun.

"kita sendiri disini menyiapkan lahan dan Kementerian disini mendukung juga siap memberikan bantuan, asalkan Pemda mempunyai lahan," katanya.

Untuk Kabupaten Muarojambi, menurutnya ada lahan milik Pemprov Jambi seluas empat hektare yang siap dibangun sekolah baru yang berada di depan Sekolah Polisi Negara (SPN) Pondok Meja.

Sementara untuk lahan sekolah di Sarolangun, ia mengatakan Pemerintah Kabupaten setempat bersedia menghibahkan lahan seluas dua hektare untuk pembangunan sekolah baru,"dalam minggu minggu ini tim verifikasi dari pusat akan turun ke lokasi melihat langsung,"jelasnya.

Ia mengatakan dalam pembangunan sekolah baru harus dipersiapkan secara maksimal dilihat dari lokasi, sarana dan prasarana serta kebutuhan guru. 

Sedangkan Di Kota Jambi sendiri dikatakanya masih sangat kekurangan sekolah. Karena menurutnya dua kecamatan di Kota Jambi yaitu di kawasan Jambi Selatan dan Pasar tidak punya sekolah karena tidak adanya ketersediaan lahan maka belum bisa dibangunannya sekolah disana,"kita sedang coba cari lahannya mudah mudahan ada lahan provinsi yang tersedia disana,"katanya.

Ia menambahkan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) tahun ini ada 30 yang dibangun termasuk laboratorium. Tahun depan, jumlahnya diupayakan lebih banyak lagi agar pendidikan selalu terpenuhi.

"Biayanya lebih tinggi karena untuk Kota Jambi ini kendalanya RKB tidak memungkinkan dibangunan horizontal, tetapi vertikal karena lagi lagi keterbatasan lahan,"tutupnya.

Sementara itu ia menambahkan pembangunan dua unit SMA baru ini merupakan bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dan dikatakannya tahapan pembangunan dua unit sekolah baru ini akan dilakukan pada tahun ini juga dan harus selesai pada desember 2017.

Penulis: Niko Firmansyah
Editor: awang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved