Kebakaran di Kerinci

Kebakaran di Pulau Tengah dan Tangkil, Kerugian Lebih Rp 1 Miliar

Selama dua hari ini terjadi dua kali bencana kebakaran dilokasi yang berbeda di Kabupaten Kerinci. Sebelumnya pada (6/6)

Kebakaran di Pulau Tengah dan Tangkil, Kerugian Lebih Rp 1 Miliar
TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA

TRIBUNJAMBI,COM, KERINCI - Selama dua hari ini terjadi dua kali bencana kebakaran dilokasi yang berbeda di Kabupaten Kerinci. Sebelumnya pada (6/6) kebakaran menghanguskan satu rumah di Desa Tangkil Kecamatan Gunung Tujuh. Kali ini si jago merah menghanguskan rumah milik Sahrul warga Desa Koto Tuo Pulau Tengah Kecamatan Keliling Danau, Kamis (7/6).

Bencana kebakaran ini juga mengakibatkan kedua rumah rusak parah, dua rumah lainnya rusak ringan. Sehingga tidak bisa ditempati lagi. Informasi yang dihimpun Tribun lebih enam tiga keluarga kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran tersebut.

Warga desa Koto Tuo Pulau Tengah, Sri mengatakan kebakaran terhadap pada pukul 8.00 Wib. Secara tiba-tiba saja api sudah membesar dari rumah. Hingga membuat warga panik, warga sekitar pun berbondong-bondong membawa peralatan ember untuk menyiramkan si jago merah. "Api cepat sekali, hingga korban tidak bisa menyelamatkan harta bendanya," katanya.

08062017_kebakaran
(TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA)

Keterangan Kepala Dinas PolPP dan Damkar Kerinci, Sahril Hayadi mengatakan pihaknya menerjunkan enam unit mobil pemadam kebakaran. Walaupun lokasi yang cukup jauh dari pos Damkar, tapi sampai di lokasi petugas Damkar berhasil memadamkan api. Selain itu, beberapa armada dari Pemkot Sungai Penuh ikut membantu pemadaman kebakaran di Kerinci.

Dia mengatakan bencana kebakaran mengakibatkan dua rumah warga yang di desa Koto Tuo Pulau Tengah. Sedangkan kebakaran di desa Tangkil mengakibatkan satu rumah rusak berat dan dua lainnya rusak ringan. Kejadian juga mengakibatkan satu KK dengan enam jiwa kehilangan tempat tinggal dan dua KK dengan empat jiwa rumahnya rusak ringan.

"Satu lagi rumah yang rusak ringan merupakan rumah milik pasangan Amrizal (48) dan Erni (44). Kerugian akibat kebakaran di Tangkil sekitar Rp500 juta," terangnya.

08062017_kebakaran
(TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA)

Sedangkan kebakaran di Desa Tangkil tidak sampai ke rumah lainnya, karena rumah tersebut berjarak sekitar 50 meter dari rumah tetangga. Menurut keterangan saksi mata saat kejadian, kebakaran terjadi diduga akibat korsleting listrik. "Api dengan cepat membesar, dugaan karena arus pendek listrik," ujarnya.

Kapolsek Danau Kerinci, Iptu Tobroni menambahkan kebakaran di Pulau Tengah mengakibatkan satu buah rumah semi permanen lantai dua terbakar. "Dua unit rumah semi permanen lainnya mengalami rusak ringan. Kerugian ditaksir Rp 500 juta," kata Kapolsek.

Keterangan Kapolsek tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, sedangkan penyebanya masih dalam penyelidikan.

Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved