Lima Bumbu Dapur Ini Bisa Perpanjang Umur

Bumbu pedas memang dapat mengubah makanan yang rasanya datar menjadi lebih menggungah selera.

Lima Bumbu Dapur Ini Bisa Perpanjang Umur
shutterstock
Jahe

TRIBUNJAMBI.COM - Bumbu pedas memang dapat mengubah makanan yang rasanya datar menjadi lebih menggungah selera. Selain itu, ada juga efek jangka panjangnya, yakni bikin umur lebih panjang.

Penelitian mencatat, bumbu yang terasa pedas di lidah mengandung senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Ini sebabnya mengapa sebagian ahli gizi merekomendasikan bumbu-bumbu pedas masuk dalam bahan makanan yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

Ketahui apa saja bumbu pedas yang memiliki manfaat memperpanjang usia menurut penelitian.

1. Cabai
Kandungan capcaisin di dalamnya diketahui membantu menghambat kemampuan tubuh merasakan sakit. Selain itu, cabai juga menghambat penyebaran kanker payudara dan menurunkan risiko kematian sampai 13 persen.

2. Jahe
Penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan, capcaisin yang dikombinasikan dengan zat utama dalam jahe, yakni 6-gingerol, dapat menurunkan risiko terkena kanker.

3. Wasabi
Walau pedasnya menyengat, namun pasta wasabi mengandung zat antimikroba yang dapat mengusir bakteri dari tubuh. Kandungan lainnya bekerja sebagai antiperadangan dan menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

4. Lobak pedas
Mengonsumsi sejenis lobak pedas (horseradish) diketahui menyehatkan karena di dalamnya terkandung zat antikanker. Menurut penelitian dari Universitas Illinois, mengonsumsi satu sendok teh saus horseredish sudah cukup bermanfaat.

Editor: nani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved