Kembangkan Wisata di Danau Toba, Landasan Pacu Bandara Diperpanjang

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang landas pacu Bandar Udara (Bandara) Silangit dan Bandara Sibisa

TRIBUNJAMBI.COM, SIMALUNGUN - Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang landas pacu Bandar Udara (Bandara) Silangit dan Bandara Sibisa dalam rangka pengembangan pariwisata kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan usai rapat kabinet terbatas di Hotel Inna Parapat Simalungun, Sabtu malam (20/8), menyebutkan landas pacu Bandara Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara akan diperpanjang menjadi 2.650 meter dengan lebar 45 meter.

Perpanjangan landas pacu itu untuk mengokomodasi agar pesawat jenis Boeing 737-800 dapat mendarat atau terbang dari bandara itu. Saat ini ukuran landas pacu bandara itu 2.400 x 30 meter.

"Landas pacu Lapangan Terbang Sibisa di Kabupaten Toba Samosir juga akan diperpanjang menjadi 2.250 meter sehingga bisa melayani jenis 737-500," kata Luhut.

Saat ini ukuran landas pacu Bandara Sibisa adalah 750 x 23 meter.

"Rapat sebenarnya belum selesai, masih ada finalisasi besok Minggu, Presiden ingin lihat sendiri lokasi Otorita Danau Toba," kata Luhut.

Selain peningkatan kapasitas Bandara, pemerintah juga membangun jalan tol dari Pematangsiantar hingga Simalungun sepanjang 97 km mulai 2017.

"Itu akan lebih mudah karena 50 km lebih adalah tanah milik PTPN, dengan demikian kita berharap jalan tol dari Medan sampai kemari akan selesai seluruhnya 2019," kata Luhut.

Menurut dia, pemerintah juga akan melakukan pembersihan lingkungan di kawasan Danau Toba dengan mengevaluasi secara ketat karamba di Danau Toba.

Sementara itu mengenai investor yang akan membangun hotel, lapangan golf dan Convention Center, Luhut menyebutkan ada tiga pengusaha yang sudah bertemu Presiden.

"Mereka sudah comitted untuk membangun hotel bintang lima, convention internasional dan lain-lain," kata Luhut.

Selain itu juga ada rencana pembangunan taman bunga untuk mendukung keindahan tempat wisata.

(Agus Salim/ant)

Editor: nani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved