Cara Membedakan Kartu BPJS Asli dan Palsu

Nah, apa yang perlu diketahui untuk membedakan apakah kartu BPJS Kesehatan tersebut asli atau palsu?

kompas.com
Kartu BPJS Kesehatan. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Beredarnya Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di sejumlah tempat membuat masyarakat was-was apakah kartu BPJS Kesehatan yang dimiliki asli atau palsu.

Nah, apa yang perlu diketahui untuk membedakan apakah kartu BPJS Kesehatan tersebut asli atau palsu? Berikut penelusuran Kompas.com dari sejumlah situs di Internet.

1. Gambar Pulau

Di kartu BPJSK Kesehatan asli, terdapat gambar kepulauan Indonesia sebagai latar belakang kartu. Sedangkan yang palsu tidak ada atau polos.

2. Aturan

Di kartu BPJS Kesehatan asli, terdapat tiga aturan penggunaan kartu. Sementara di kartu BPJS Kesehatan palsu ada delapan aturan penggunaan kartu, yang sebagian diawali dengan singkatan e-ID. Padahal di kartu BPJS Kesehatan asli tidak ada penggunaan singkatan e-ID.

3. Hasil Cetak

Untuk kartu BPJS Kesehatan yang asli hasil cetak telihat rapi dan jelas. Namun, pada kartu BPJS Kesehatan yang palsu hasil cetaknya terlihat sangat buram dan terkesan asal-asalan.

4. Barcode

Di kartu BPJS Kesehatan asli kode barcode terlihat jelas dan beraturan antara garis samar hitam dan garis hitam tebal. Sedangkan di kartu BPJS yang palsu kode barcode terlihat berantakan antara garis samar hitam dan garis hitam.

Halaman
12
Editor: duanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved