Kunjungan Presiden

Terima Rp 30 Juta Tunai dari Jokowi untuk Listrik, SAD tak Bisa Tanda Tangan

Saat mengunjungi Suku Anak Dalam (SAD) di dua tempat berbeda, Presiden menanyakan

Terima Rp 30 Juta Tunai dari Jokowi untuk Listrik, SAD tak Bisa Tanda Tangan
KOMPAS/C WAHYU HARYO
Presiden Joko Widodo berbincang dengan tokoh suku Anak Dalam di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, Jumat (30/10/2015). Dalam pertemuan itu, Presiden menawarkan untuk merelokasi ke rumah yang layak. Jokowi merupakan presiden pertama yang mengunjungi suku Anak Dalam di Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Saat mengunjungi Suku Anak Dalam (SAD)  di dua tempat berbeda, Presiden Joko Widodo menanyakan apa keluhan SAD. Personil Kodim 0420/Sarko Kopral Inf Husni Thamrin yang saat itu selaku penerjemah SAD dan saksi mengungkapkan hasil pertemuan itu.

"Di titik kedua Presiden bertemu Tumenggung Tarib, Tumenggung Gerid, Prabung dan Bejalo," ujar Husni.

Ditanya presiden keluhannya apa, mereka menyampaikan kendala soal penerangan dan minta disalurkan lampu listrik. Dari awal memang Presiden menyampaikan ke Bupati minta didukung penerangan petromak, tapi Bupati kemudian menyampaikan ke presiden.

"Kalau mereka pengen nonton TV Pak Presiden, itu kata Bupati. Setelah itu minta didukung sumber air bersih seperti sumur," ujarnya.

Kemudian Presiden Jokowi tanya ke dirinya, selaku Babinsa dan penerjemah. "Pak Babinsa di sini kalau pasang listrik berapa satu unit. Ya, saya jawab seperti pengalaman umumnya. Rp 2 juta persatu unit kwh, dan disitu Jokowi bantu 10 unit," terangnya.

Selain listrik Jokowi membantu fasilitas air bersih atau sumur gali. Jadi katanya, alhasil bila dikakulasikan Presiden bantu uang tunai Rp 30 juta.

"Itu yang langsung tunai, yang nerima langsung Tumenggung Gerid, saya pun diminta sebagai saksi penyerahan bantuan Presiden itu ke SAD," katanya.

"Karena mereka tidak bisa baca tulis. Maka saya ajari dia tanda tangan. Sudah itu selesai. Saya tetap ada mendampingi SAD ketika bicara dengan Presiden.

Penulis: qomaruddin
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved