Penerimaan CPNS

‎Terima CPNS, Tanjabbar Sengaja tak Ambil Seleksi Sistem Wawancara

Minimnya putera-puteri Tanjab Barat yang lulus dalam seleksi CPNS 2014 kemarin tuai kritik dari DPRD,

‎Terima CPNS, Tanjabbar Sengaja tak Ambil Seleksi Sistem Wawancara
TRIBUNJAMBI/MUHLISIN
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Awang Azhari

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL‎ -‎ Minimnya putera-puteri Tanjab Barat yang lulus dalam seleksi CPNS 2014 kemarin tuai kritik dari DPRD, para wakil rakyat itu menyebut tidak mampu menekan angka pengangguran di daerah.

Diketahui bahwa tahun lalu untuk pertama kali Tanjab Barat melakukan penerimaan CPNS tanpa ikut ca‎mpur tangan soal seleksi. Dari dua pilihan sistem seleksi diantaranya Test Kompetensi Dasar (TKD) atau sistem komputer dan Test Kompetensi Bidang (TKB) atau wawancara oleh tim Pemda, yang diambil hanya TKD.

Berbeda dengan daerah lain, di mana kedua sistem seleksi itu digunakan. Dengan hanya menggunakan TKD, maka peserta CPNS hanya mengandalkan kemampuan untuk mengisi soal di komputer, di mana hasilnya keluar detik itu juga.

Tidak ada lobi atau nepotisme yang berjalan dalam seleksi, sehingga saat hasil keluar, disebut bahwa ternyata banyak CPNS dari luar Tanjab Barat yang lulus kemudian mendapat NIP. Dengan transparannya sistem seleksi CPNS di Tanjab Barat, bahkan kabupaten ini diberi penghargaan khusus oleh BKN.

Dalam beberapa kesempatan, Kepala BKD, Zulkifli menyebut bahwa memang mereka tidak ikut campur dalam seleksi sehingga jauh dari nepotisme, tugasnya cuma membuka pendaftaran, peserta daftar online langsung ke Panselnas, kemudian mengirim bahan via POS, lalu ikut seleksi sistem komputer di Jambi ‎yang difasilitasi BKN.

"Jadi memang dalam hal ini kami cuma memfasilitasi. Soal kelulusan, itu sesuai dengan kemampuan peserta mengisi soal di komputer, siapa yang nilai tinggi lulus, nilai tidak bisa dirubah, karena saat mengisi satu soal hasilnya keluar di layar besar yang sudah kita pasang di depan lokasi ujian, semua orang bisa melihat secara langsung hasilnya di layar," jelas Zulkifli.

Penulis: awang
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved