Breaking News:

Jelajah Kuliner

Kerutup Ikan Nila Khas Kota Jambi Dihidangkan Hangat

Selain memiliki beberapa aneka jajanan khas, Kota Jambi juga memiliki satu menu kuliner bernama Kerutup.

Kerutup Ikan Nila Khas Kota Jambi Dihidangkan Hangat - KERUTUP.jpg
TRIBUN JAMBI/ALDINO
Kerutup Ikan Nila Khas Kota Jambi Dihidangkan Hangat - KERUTUP2.jpg
TRIBUN JAMBI/ALDINO
Kerutup Ikan Nila Khas Kota Jambi Dihidangkan Hangat - KRUTUP3.jpg
TRIBUN JAMBI/ALDINO
Kerutup Ikan Nila Khas Kota Jambi Dihidangkan Hangat - SAMBAL.jpg
TRIBUN JAMBI/ALDINO

TRIBUNJAMBI.COM - Selain memiliki beberapa aneka jajanan khas, Kota Jambi juga memiliki satu menu kuliner bernama Kerutup. Makanan ini berbahan baku ikan air tawar. Umumnya menggunakan ikan bersisik semisal nila, gurame maupun ikan mas. Ikan segar ini diolah menggunakan bumbu yang cukup komplit dan digoreng bersama daun kunyit sehingga memberikan aroma yang harum.

BEGITULAH Ahmad Nuzilli menggambarkan seporsi menu Kerutup yang tersaji di atas meja rumah makan khas Jambi miliknya. Sudah dua bulan, rumah makan yang berlokasi di kawasan Pasir Putih ini ia dirikan. Manca Rupo, itulah nama yang dipilih bapak dua anak ini untuk rumah makannya, menandakan bahwa rumah makan tersebut memiliki aneka ragam menu masakan, mulai seafood hingga olahan sayur segar. Namun yang menjadi daya tarik tersendiri adalah dominasi menu-menu khas Jambi yang ada di tempat ini.

“Idenya saya sendiri. Karena memang saya orang asli Jambi. Selama ini kita makan di Jambi, tapi justru banyak masakan Padang, makanya pengen buka makanan khas Jambi,” katanya, Kamis (13/11).

Kerutup sendiri merupakan salah satu menu andalan Nuzilli. Sebelum digoreng, ikan segar direndam bersama bumbu kerutup, terdiri dari sereh, kemiri, bawang putih, kunyit dan sedikit ketumbar. Nah, jika ada pelanggan yang memesan, barulah ikan tersebut digoreng sehingga pelanggan bisa menikmati menu dalam keadaan panas.

Dalam menggoreng ikan tersebut tidak juga asal matang, namun benar-benar kering menyeluruh. Agar ikan lebih memiliki sensasi harum, ikan digoreng bersama daun kunyit. Untuk memperindah tampilan sekaligus menambah sensasi gurih, Nuzulli menambah irisan bawang Bombay yang turut diolah bersama ikan.

Menu ini cocok disantap bersama lalapan dan juga sambal terasi. Sambal terasi Manca Rupo menurut Nuzulli, memiliki bahan yang spesial karena tidak menggunakan terasi merah pada umumnya. Bagi penyuka pedas, Anda perlu mencoba sambal terasi Manca Rupo karena karakter sambal ini memiliki rasa yang cukup pedas.

Selain Kerutup, di Manca Rupo, Anda juga bisa menemukan sederet kuliner khas Jambi semisal Pindang, Tempoyak, aruk-aruk timun, urap dan masih banyak lagi. Pindang ikan di sini juga terbilang cukup berbeda dengan pindang ikan pada umumnya, karena Nuzulli menyematkan terasi dan saus tiram untuk membuat kuah pindangnya. Sedangkan ikan yang dipakai, biasanya patin, gabus, dan toman. Anda bisa menyantap kuliner khas Jambi tersebut mulai Rp 13 ribu/porsi.

Penulis: wahid
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved