Breaking News:

Chris John-Daud Jordan Hanya Minum Setetes Air dalam Sejam!

JAKARTA, TRIBUNJAMBI.COM - Jalan menuju gelar juara memang tak mudah buat dua petarung

Editor: Deddy Rachmawan
Chris John-Daud Jordan Hanya Minum Setetes Air dalam Sejam!
tribunnews
Chris John ketika memenangi pertandingan melawan Fernando Saucedo akhir tahun lalu
JAKARTA, TRIBUNJAMBI.COM  - Jalan menuju gelar juara memang tak mudah buat dua petarung yang akan melangsungkan megaduel, Chris Jordan dan Daud Jordan. Jelang pertarungan gelar juara dunia kelas bulu versi Asosiasi Tinju Dunia (WBA) di Hall D Kemayoran, Minggu (15/4/2011) lusa, dua petinju kebanggaan Indonesia tersebut melakoni 'ritual' yang tak mudah, sekaligus prihatin. Hal itu bisa terlihat dalam hal kecil, yakni konsumsi air minum.

Mungkin bagi sebagian besar khalayak menganggap air minum adalah hal paling penting dalam dunia olahraga, baik sebelum, sedang atau sesudah bertanding. Namun bagi Chris John yang akan memertahankan gelar kelas bulu 57,1 kg dan Daud Yordan yang akan memburu sang jawara, masalah air minum bisa menjadi prahara besar jika tak dikontrol. Maklum, meski mampu menghilangkan dahaga, air minum jenis apapun malah berpotensi mengundang mara bahaya tingkat tinggi, yang bisa berujung pada kegagalan mentas.

Satu prinsip yang diutarakan pada Tribunnews.com, Jumat (15/04/2011), keduanya mengaku selama masa persiapan di Jakarta hanya merasakan setets air putih setiap satu jam!

"Kita memang butuh air untuk mengembalikan kebugaran, tapi khusus di Jakarta dan sebelum timbang badan, saya harus membatasi asupan air putih. Pasalnya, jika saya tak mengontrol nafsu untuk minum dalam jumlah besar, bisa jadi bobot idealku tak tercapai dan pertandingan batal atau saya harus tersiksa semalaman hanya untuk menggapai berat yang disyaratkan, yaki 57,1 kg," sebut Daud.

Cino, sapaan Daud Yordan, mengaku jika menenggak air putih sebanyak 300 mililiter (ml) saja, berat badan bisa langsung naik 3 ons. "Jadi bisa Anda bayangkan jika saya harus minum terus menerus, nanti akan sangat sulit. Lebih baik menjaga dengan disiplin tinggi meski harus tersiksa," imbuh Daud.

Setelah acara timbang badan, baru-lah ia berani minum dan makan sepuasnya. "Jangan heran kalau pas hari-H wajahku terlihat membengkak dan pipiku tembem. Karena memang saya langsung mengkonsumsi bebas, namun bukan berarti semaunya," sebut Daud.

Prinsip setetes dalam sejam juga berlaku bagi Chris John. Sang juara bertahan ini malah sudah lebih dulu melakukannya sekitar 2 minggu silam, saat masih berlatih di Banyuwangi. "Saya termasuk susah menurunkan berat badan. Jadi daripada nanti repot, mending menjaga atau menambah sedikit," ungkap Chris.
Petinju asal Banjarnegara ini mengakui, pembatasan air minum tersebut bisa diakali dengan mengunyah sesuatu yang rasanya manis, sehingga energinya tak cepat habis.

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved