Laporan Hasil Pemilu 2019 di Jambi, Mulai TPS Kebanjiran Hingga Pembakaran Kotak Suara

Kepala Kesbangpol Provinsi Asnawi Ab menyampaikan, partisipasi masyarakat Provinsi Jambi dalam Pemilu 2019 mencapai 75 persen.

Laporan Hasil Pemilu 2019 di Jambi, Mulai TPS Kebanjiran Hingga Pembakaran Kotak Suara
Tribunjambi/Zulkifli
Kepala Kesbangpol Provinsi Asnawi Ab menyampaikan pada Kemendagri terkait partisipasi masyarakat Provinsi Jambi dalam Pemilu 2019 mencapai 75 persen. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi melaporkan pelaksanaan pemilu serentak pada Kementerian Dalam Negari melalui vidio conference di aula utama Kantor Gunernur Jambi, Kamis (18/4).

Kepala Kesbangpol Provinsi Asnawi Ab menyampaikan, partisipasi masyarakat Provinsi Jambi dalam Pemilu 2019 mencapai 75 persen.

Kemudian logistik pemilu telah berada di TPS sesuai target dan KPPS saat ini tengah melakukan proses perhitungan suara di 11.342 TPS yang tersebar di 141 kecamatan dan 1.562 desa/kelurahan dalam Provinsi Jambi.

Selain itu kata Asnawi, saat hari pencoblosan Rabu (17/4) kemarin ditemukan berbagai permasalahan. Diantaranya di Kota Jambi, ada 24 TPS yang melakukan penundaan pemungutan suara yaitu 21 TPA di Payo Selincah disebabkan surat suara rusak akibat hujan dan tiga TPS di Kelurahan Kenali Besar, karena lokasi TPS terendam banjir. Ke 24 TPS itu dilakukan pemungutan suara susulan pada hari ini, Kamis (18/4).

Kemudian di Kabupaten Sarolangun, di TPS 04 Kecamatan Mandi Angin nyasar ke Dapil 3. Hingga pukul 15.45 WIB di TPS 04 Sarkam masih melakukan pemungutan suara dikarenakan di TPS tersebut kekurangan surat suara terutama untuk suara DPRD Kabupaten Sarolangun.

Baca: Prabowo Didampingi Sandiaga Uno Umumkan Menang di Pilpres 2019, Data Ini Rujukan Prabowo-Sandi

Baca: Capres Jokowi Ungkap Hasil Hitung Cepat 12 Lembaga Survei, Ucapkan Terima Kasih Kepada Masyarakat

Baca: UPDATE Real Count KPU Pukul 16:30 WIB, Progress: 5.346 dari 813.350 TPS (0.65728%) Kamis (18/4/2019)

Baca: Kisah Nyata Caleg Gagal yang Ingin Jual Ginjal Demi Bayar Utang Kampanye Rp420 Juta

Baca: Pembakaran Sejumlah Kotak Suara di Dapil 3 Kota Sungaipenuh, Caleg PDIP Ini Merasa Dirugikan

Di Kabupaten Tebo, terjadi kekurangan surat suara di TPS 04 desa penapalan, Kecamatan Tengah Ilir. Namun Babinsa, Babinkantibmas bersama PPK dan Paswascam telah melakukan penyisiran di beberapa TPS terdekat untuk mengatasi kekurangan surat suara di TPS tersebut.

Selain itu terjadi kesalahan DPT di 4 TPS di Desa Mangun Jayo, Kecamatan Tebo Tengah dan langkah yang telah diambil mengatasi itu dengan cara melakukan perubahan denah lokasi penempatan dan melakukan perubahan penulisan DPT.

Di Kabupaten Merangin, di TPS 10 Kelurahan Dusun Bangko Kecamatan Bangko pemilihan ditunda hingga pukul 11.30 WIB dikarenakan surat suara DPD-RI tidak ada. Tindak lanjutnya KPPS dan Panwaslu menyisir beberapa TPS dan mendapatkan satu bundel surat suara tak terpakai di kelurahan lain, terindikasi menyasar.

Di Kabupaten Muaro Jambi, terdapat TPS yang terkena banjir, dikarenakan intensitas hujan yaitu di TPS 04 dan 17 Desa Tangkit, Kecamatan Sungai Gelam. Namun tidak mempengaruhi proses pemilihan dan partisipasi pemilih.

Kemudian disampaikan Asnawi secara umum situasi dan kondisi Kantibmas selama pelaksanaan pemungutan suara pada pemilu 2019 aman dan kondusif. Pemerintah Provinsi Jambi bersama Forkompinda dan Pemerintah Kabupaten Kota berupaya penuh untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019 ini.

Asnawi juga berkomentar mengenai peristiwa pembangkaran 15 kotak Suara yang tersebar di 3 TPS di Kota Sungai Penuh, hari ini Kamis (18/4). Katanya, Kesbangpol akan membahasnya di Polda Jambi bersama Forkompinda. "Kami juga diundang ke sana sore ini untuk membahas kelanjutan peristwa ini," pungkas Asnawi.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved