Kandungan Merkuri di Danau Kerinci Melebihi Baku Mutu, DLH Jambi Jadwalkan Uji Ulang Triwulan III

Beberapa titik air Danau Kerinci ditemukan tercemar merkuri di atas baku mutu yang ditetapkan Provinsi Jambi.

Kandungan Merkuri di Danau Kerinci Melebihi Baku Mutu, DLH Jambi Jadwalkan Uji Ulang Triwulan III
tribunjambi/heru
Menteri Susi saat mengangkat jaring di Danau Kerinci. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Beberapa titik air Danau Kerinci ditemukan tercemar merkuri di atas baku mutu yang ditetapkan Provinsi Jambi. Kawasan yang ditemukan tercemar tersebut adalah kawasan Desa Koto Pete Tengah dan Kota Pete Hilir.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jambi Resmanyah, mengatakan ini ditemukan berdasarkan hasil uji labor pemantauan kualitas air Danau Kerinci yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jambi tahun 2017 lalu.

Namun, menurut Resmansyah ini merupakan indikasi awal yang datanya masih perlu dikaji kembali, kerena banyak kemungkinan-kemungkinan apakah ini insidentil atau tidak.

"Awalnya kita mencurigai ini disebabkan dari aktivitas petani. Pupuk yang digunakan petani di sana apakah mengandung merkuri, dicek oleh teman-teman pertanian ternyata tidak ada. Kemudian dicek aktivitas di kawasan itu yang menggunakan merkuri seperti penambangan emas, juga tidak ada. Begitupun kegiatan domestik masyarkat sekitar yang menggunakan bahan merkuri, kan tidak ada, paling sabun mandi dan itu tidak ada merkurinya," beber Resmansyah.

Ia menjelasakan, di alam juga memiliki kandungan merkuri alami, tanpa ada pengaruh aktivitas manusia. Kalibrasi alam bisa menimbulkan merkuri.

Baca: Hasil Uji Labor Danau Kerinci Mengandung Merkuri, Sekda Kerinci Minta Uji Ulang

Baca: 12 Truk Bawa Logistik Pemilu untuk Didistribusikan ke 3 Kecamatan di Kabupaten Batanghari

Baca: BREAKING NEWS, Mobil Jaksa Kejari Tebo, Jadi Korban Pecah Kaca di Belakang Kantor PN Jambi

Baca: Amankan Pemilu Serentak, Polres Sarolangun Diback Up BKO Polda dan Batalyon

Baca: Cek Nama di Daftar DPT, Caranya Klik lindungihakpilihmu.kpu.go.id Masukkan Nama dan NIK di KTP

"Kami juga kroscek penggunaan ke alat untuk uji kualitas air. Tekhnik sampling atau akurasi alat yang perlu diselidiki kembali. Makanya kita spakat dengan statment pak Sekda Kerinci bahwa ini perlu dikaji kembali," ungkapnya.

Resmansyah mengakui, hasil uji lab pencemaran merkuri air Danau Kerinci di atas baku mutu yakni 0,00228 ppm. Katanya pencemaran masih dalam kategori ringan mengingat batas baku mutu Provinsi Jambi 0,002 ppm.

"Kalau secara umum air Danau Kerinci masih aman memenuhi baku mutu air. Hanya di dua titik tadi yakni Koto Petai Tengah dan Hilir," katanya.

Jika dikonsumsi oleh manusia, air yang mengandung merkuri di atas baku mutu air bisa berdampak terhadap kesehatan manusia. "Makanya tugas kita terus memantau kualitas air dan menginformasikannya," imbunya.

Kata Resmansyah pada tahun 2018 pihaknya telah melakukan kajian-kajian mengenai faktor penyebab pencemaran tersebut. Sementara untuk uji lab ulang kemungkinan akan di lakukan pada triwulan ke III. "Kita akan uji lab lagi di situlah kita bisa lihat hasilnya," ungkap Resmansyah.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved