Advetorial

Ketua MK Sampaikan Kuliah Umum di FISIP Unja Ajak Generasi Muda Ikut Serta dalam Pemilu 2019

Ketua Mahkamah Konstitusi RI Dr. Anwar Usman, S.H., M.H. berkesempatan menyampaikan kuliah umum

Ketua MK Sampaikan Kuliah Umum di FISIP Unja Ajak Generasi Muda Ikut Serta dalam Pemilu 2019
IST
Ketua MK Sampaikan Kuliah Umum di FISIP Unja Ajak Generasi Muda Ikut Serta dalam Pemilu 2019. Penyerahan cendera mata di akhir acara kuliah umum. 

TRIBUNJAMBI.COM - Ketua Mahkamah Konstitusi RI Dr. Anwar Usman, S.H., M.H. berkesempatan menyampaikan kuliah umum bertajuk “Merajut Harmoni Kebangsaan Pada Pemilu 2019” di hadapan 90 mahasiswa FISIP Unja, Sabtu (24/3) sore lalu, di Ruang Senat Lantai 3 Rektorat Unja. Kuliah umum ini dihadiri pula oleh rektor Unja, dekan dan wakil dekan fakultas, para dosen serta mahasiswa FISIP Unja.

Rektor Unja Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D. dalam sambutannya, sekaligus membuka kuliah umum menyatakan rasa terima kasihnya dalam bahasa pantun kepada ketua MK RI yang telah menyempatkan waktu untuk menyampaikan kuliah umum.

Tanpa teks, Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D. mengharapkan para mahasiswa FISIP Unja mendapat pencerahan akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam tahun politik 2019 ini. “Sebagai generasi muda atau agent of change, harus memposisikan diri sebagai warga negara yang baik dengan menjadi pemilih yang baik dan tidak termakan isu hoax di media ,” ujarnya.

Ketua Mahkamah Konstitusi RI Dr. Anwar Usman, S.H., M.H. dalam pemaparannya mengingatkan kepada para peserta kuliah umum bahwa siapapun yang menjadi presiden terpilih nantinya adalah pemimpin kita bersama. Oleh karena itu, bagi para pendukung pasangan calon yang kalah dalam Pilpres 2019 ini harus bersikap legowo dan taat aturan sehingga tidak akan terjadi ketidakharmonisan dalam kehidupan masyarakat dan bernegara.

Ia juga memotivasi para mahasiswa FISIP Unja untuk belajar dan bersungguh-sungguh dan memiliki cita-cita tinggi dengan mengambil contoh para pemimpin dunia seperti Presiden Amerika Serikat Obama atau Presiden Rusia Vladimir Putin yang adalah lulusan sarjana FISIP dan hukum.

Ketua MK Sampaikan Kuliah Umum di FISIP Unja Ajak Generasi Muda Ikut Serta dalam Pemilu 2019
Ketua MK Sampaikan Kuliah Umum di FISIP Unja Ajak Generasi Muda Ikut Serta dalam Pemilu 2019 (IST)

Anwar Usman adalah lulusan Sekolah Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) dan mengawali karir sebagai guru honorer pada 1975. Putra asli Bima, Nusa Tenggara Barat itu merantau ke Jakarta dan menjadi guru honorer di SD Kalibaru. Selama menjadi guru, Anwar melanjutkan pendidikannya ke jenjang S-1 di Fakultas Hukum Universitas Islam Jakarta. Dia lulus pada 1984 dan sukses meraih gelar sarjana hukum, lalu mengikuti tes calon hakim dan diangkat menjadi calon hakim Pengadilan Negeri Bogor pada 1985. Karirnya pun dimulai sebagai hakim.

Selain itu, ketua MK RI yang berusia 62 tahun ini juga menjelaskan bahwa Pemilu di Indonesia adalah pemilihan umum yang tersulit di dunia.

Hal ini dikarenakan kondisi geografis dan demografi negara Indonesia yang majemuk dan beraneka ragam juga sistem pemilu secara langsung dan serentak atau one man one vote.

Dia akhir kuliah umum, Ia mengutip ajaran Umar bin Khattab, salah satu pemimpin yang hebat dan suri teladan dalam masalah keislaman mengenai prinsip keadilan dan hukum, “tegurlah aku bila aku salah, ikutilah aku apabila aku benar.”

Ketua MK RI dan rektor Unja berfoto bersama perwakilan mahasiswa FISIP Unja.
Ketua MK RI dan rektor Unja berfoto bersama perwakilan mahasiswa FISIP Unja. (IST)

Menurut Anwar, hal itu menunjukkan bahwa penegakan hukum dan keadilan harus diberlakukan terhadap siapapun tanpa kecuali selain moral dan hati nurani seorang hakim adalah hal yang paling mendasar dalam pengambilan keputusan menurut agama dan kepercayaan yang dianut oleh hakim tersebut.

Baca: Dikabarkan Nikahi Gisella Anastasia Dalam Waktu Dekat, Wijaya Saputra: Saya Gak Mau Kayak Gitu!

Baca: Dikabarkan Nikahi Gisella Anastasia Dalam Waktu Dekat, Wijaya Saputra: Saya Gak Mau Kayak Gitu!

Baca: Cuplikan dan Jadwal Lengkap! MotoGP Argentina 2019, Duel Panas! Valentino Rossi dan Marc Marquez

Editor: bandot
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved