Advetorial

Mahkamah Konstitusi RI dan Fakultas Hukum Unja Adakan LCC dan Outbound Konstitusi

Mahkamah Konstitusi RI dan Fakultas Hukum Unja Adakan LCC dan Outbound Konstitusi Bertempat di Ruang Prof. Fuad Bafadhal, Fakultas Hukum

Mahkamah Konstitusi RI dan Fakultas Hukum Unja Adakan LCC dan Outbound Konstitusi
IST
Foto bersama seluruh peserta dan guru pendamping LCC dan Outbound Konstitusi. 

TRIBUNJAMBI.COM - Mahkamah Konstitusi RI dan Fakultas Hukum Unja Adakan LCC dan Outbound Konstitusi
Bertempat di Ruang Prof. Fuad Bafadhal, Fakultas Hukum Universitas Jambi.

Diadakan Lomba Cerdas Cermat Konstitusi yang diikuti oleh 16 SMU se-Kota Jambi.

Kegiatan ini dibuka secara langsung dengan kata sambutan oleh Kasubag Kerjasama Dalam Negeri dan Hubungan Antar Lembaga (Mahkamah Konstitusi) Yossy Adrina SE, M.Si.

Dalam sambutannya, ia mengucapkan selamat kepada para tim SMA yang terpilih dari proses seleksi video agar saling mengenal dengan sekolah lain juga menumbuhkan arti kebersamaaan.

Menurut Dekan Fakultas Hukum Unja Dr. Helmi S.H., M.H., saat ditemui di acara Sabtu (23/2) lalu, 16 perwakilan SMA ini adalah saringan dari 21 SMU se-Kota Jambi yang telah mengirimkan video tiga menit yang berisi pemahaman siswa tentang UUD 45, Pancasila, dan Konstitusi.

Para Juara dalam Lomba Cerdas Cermat Konstitusi berfoto bersama Rektor Unja dan Ketua MK RI, Sabtu (23/3) lalu.
Para Juara dalam Lomba Cerdas Cermat Konstitusi berfoto bersama Rektor Unja dan Ketua MK RI, Sabtu (23/3) lalu. (IST)

“Kegiatan ini kerjasama antara Mahkamah Konstitusi dan Fakultas Hukum Universitas Jambi bertujuan untuk mengajak siswa SMA di Kota Jambi untuk memahami UUD 45 dan Mahkamah Konstitusi sebagai pengawal konstitusi di Indonesia,” jelas Dr. Helmi S.H., M.H.

Dikatakannya, beberapa tim SMA yang terdiri dari tiga orang tersebut diadu dalam lomba cerdas cermat untuk dicari empat juara dan nantinya akan menjadi perwakilan di tingkat nasional.

Dr. Helmi S.H., M.H juga menambahkan, kegiatan yang telah dilaksanakan Fakultas HUkum Unja adalah lomba konstitusi tingkat mahasiswa, video conference yang berisi sidang MK, seminar, dan kuliah umum 42 perguruan tinggi se-Indonesia. Selain LCC Konstitusi, dilaksanakan pula outbound yang diikuti oleh 16 SMA se-Kota Jambi bersama guru pendamping di Taman UNJA Tuntasik Telanaipura, Mendalo.

Kegiatan ditutup pada Sabtu (23/3) lalu dengan penyerahan piala secara langsung oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Dr. Anwar Usman, S.H., M.H. kepada para empat juara terpilih. Mereka adalah juara 1 dari SMAN 1 Kota Jambi, juara 2 SMAN 1 Pelepat Ilir Muara Bungo, juara 3 SMAN 3 Kota Jambi dan juara 4 SMAN 5 Kota Jambi.

Kepada para juara, Rektor Unja Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D., mengapresiasi prestasi dengan memberikan penghargaan khusus yaitu pendaftaran ke Universitas Unja tanpa tes. 

“Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada bapak ibu guru yang telah mendampingi dalam perlombaan. Kepada yang belum juara, agar jangan berkecil hati dan terus berprestasi dengan meningkatkan kesungguhan dalam belajar,” ujarnya.

Sebagai penutup, Ketua Mahkamah Konstitusi Dr. Anwar Usman, S.H., M.H. menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi prestasi para siswa SMA Kota Jambi dalam pemahaman mengenai Mahkamah Konstitusi.

Baca: Forum Study Islam Unja Nobar Film Lima Penjuru Masjid, Ditonton Ratusan Mahasiswa, Ini Tujuannya

Baca: Generasi Millenial Harus Cerdas Tangkal Hoaks, Diskusi Mahasiswa Unja Sikapi Berita Bohong

Baca: 100 Perguruan Terbaik Indonesia 2019 Versi 4ICU - Universitas Jambi Nomor Berapa Ya?

Baca: TRIBUNWIKI - Sejarah Berdirinya Universitas Jambi (Unja), Nama Rektor Dari Masa ke Masa

Editor: bandot
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved