Deklarasi Fornas BTIka di Jambi, Ajak Generasi Muda Cinta Kebhinnekaan dan Kikis Gagasan Intoleran

Forum Nasional Bhinneka Tunggal Ika (Fornas BTIka) hadir di Jambi, yang dideklarasikan di Jabat Tangan Coffee Kopi, Kota Jambi, Sabtu (23/03/2019)

Deklarasi Fornas BTIka di Jambi, Ajak Generasi Muda Cinta Kebhinnekaan dan Kikis Gagasan Intoleran
TRIBUN JAMBI
Diskusi oleh Fornas BTIka Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Forum Nasional Bhinneka Tunggal Ika (Fornas BTIka) hadir di Jambi, yang dideklarasikan di Jabat Tangan Coffee Kopi, Sipin, Kota Jambi, Sabtu (23/03/2019).

Ketua BTIka Jambi, Pardo, mengatakan Fornas BTIka dibentuk untuk memperkuat kecintaan generasi muda terhadap Pancasila dan Indonesia dalam kehidupan sehari - hari.

“Pancasila adalah penggambaran karakter bangsa kita, namun sekarang mulai terkikis, sekarang lebih individulistis dan saat ini sikap intoleransi justru semakin menguat,” kata Pardo dalam sambutannya di acara deklarasi tersebut.

Baca: Indonesia Bakal Boikot Produk Uni Eropa Bila Masih Ngotot Diskriminasi Minyak Kelapa Sawit Tanah Air

Baca: Kunjungan Ke Pesantren, Jokowi Dipanggil Sebutan Kiai, Jokowi : Apa Mungkin Saya Sudah Pantes?

Ia mengatakan kondisi ini menjadi tantangan bersama. “Ini tantangan kita semua. Kita mau mengembalikan nilai – nilai luhur seperti menghargai perbedaan, kebhinnekaan, persatuan dan mengikis gagasan intoleran yang mencederai semangat NKRI,” lanjut dia.

Pada Pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang, Fornas BTIka mengajak warga Jambi khususnya generasi muda ikut berpartisipasi, dan memilih kandidat yang memperjuangkan nilai-nilai Pancasila yang luhur.

Secara garis politik, ucapnya, Fornas BTIka mendukung Jokowi – Maruf Amin untuk kembali memimpin Indonesia. Hal ini didasari keyakinan Jokowi – Maruf paling sejalan dengan visi-misi BTIka.

Ia mengatakan rekam jejak Presiden Jokowi menunjukan komitmennya kuat pada kebhinekaan dan menumbuhkan kebanggan Indonesia atas kekayaan bangsa berupa keberagaman suku, agama, ras, golongan, dan kebudayaan.

Deklarasi Fornas BTIka Jambi
Deklarasi Fornas BTIka Jambi (TRIBUNJAMBI)

Hal itu menjadi salah satu poin deklarasi saat menyampaikan dukungan Jokowi Maruf Amin . Mereka juga menekankan pada prestasi kerja Jokowi dan kabinetnya selama menjadi Presiden.

Senada dengan hal itu A Budiarjo, Pengurus Pusat Fornas Btika menyampaikan , beberapa tahun terakhir sangat prihatin melihat fenomena menguatnya aktivitas kelompok - kelompok intoleran.

“Ini terkonfirmasi dari berbagai studi bahwa saat ini relatif banyak masyarakat Indonesia berpaling dari Pancasila dan justru lebih memilih pandangan yang tidak pro NKRI ,” katanya.

Acara deklarasi tersebut diisi dengan talkshow dengan tema “Pemilu 2019: Merawat Keberagaman, Merawat Keindonesiaan” .

Hadir sebagai narasumber pada diskusi tersebut adalah Hengki Fernando dan Hendri Simamora.

Mereka menekankan pentingnya sumbangsih anak-anak muda untuk ikut serta mewujudukan NKRI sebagaimana wujud yang diinginkan oleh pejuang terdahulu.

Baca: Habitat Satwa Rusak Akibat Ulah Manusia, Ini Pesan Titha untuk Orang yang Tak Suka Binatang

Baca: Kerap Terima, Hujatan & Fitnah, Hoaks dan Tuduhan Antek PKI, Jokowi : Lawan, Lawan, Lawan

“NKRI sudah final. Kita berbeda-beda, tapi itu tidak boleh jadi penghalang untuk kita maju, tapi jadi kekayaan bangsa ini,” ungkap Hengki. (*)

Editor: suang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved