Info Terkini Kota Jambi

Tabligh Akbar Tahun Baru 2019, Ribuan Jamaah Doakan Indonesia dan Galang Dana Untuk Korban Tsunami

Pemerintah Kota Jambi meriahkan malam pergantian tahun baru bersama masyarakat dengan melaksanakan kegiatan bernuansa religi

Tabligh Akbar Tahun Baru 2019, Ribuan Jamaah Doakan Indonesia dan Galang Dana Untuk Korban Tsunami
IST
Wali Kota Jambi Syarif Fasha buka MTQ Kota Jambi ke-49 di Danau Teluk 

TRIBUNJAMBI.COM - Pemerintah Kota Jambi meriahkan malam pergantian tahun baru bersama masyarakat dengan melaksanakan kegiatan bernuansa religi, yaitu tabligh akbar yang bertajuk "Kota Jambi Berdzikir".

Bertempat di pelataran parkir Lapangan KONI Jambi (31/12), Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME bersama ribuan masyarakat, tampak khusyu dan khidmat memanjatkan doa dan berdzikir bersama bagi keselamatan Kota Jambi dan bangsa Indonesia.

Memasuki tahun keempat, kegiatan tesebut memang telah menjadi agenda rutin tahunan Pemerintah Kota Jambi, yang dimulai dan diinisiasi oleh Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME dalam menyambut malam pergantian tahun di Kota Jambi.

Turut hadir pula pada tabligh akbar tersebut Wakil Wali Kota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM, jajaran Forkompimda Kota Jambi, Asisten Sekda, Jajaran OPD Pemkot Jambi, Camat, Lurah, alim ulama, habaib, dan tokoh masyarakat. Tabligh akbar tersebut juga diisi tausiyah oleh KH. Ahmad Taufik Hasnuri dari Palembang.

Kegiatan ini setiap tahunnya selalu dikerjasamakan dan melibatkan berbagai organisasi kemasyarakatan yang ada di Kota Jambi, seperti Majelis Dzikir wa Taklim Qalbun Salim, ormas Islam seperti Rabithah Alawiyah Jambi, DPW FPI Kota Jambi, Pejuang Subuh Jambi, Alif Jambi, Forum Silaturrahmi Majelis Taklim Jambi, serta ormas Islam lainnya.

Tahun ini, tema tabligh akbar dikhususkan pula bagi keselamatan bangsa Indonesia yang sedang banyak dirudung musibah. Diakhir acara, tepat pada detik pergantian tahun, Dr. H. Hasbullah, memimpin dzikir dan doa bersama bagi keselamatan bangsa Indonesia dan Kota Jambi pada khususnya.

Baca: Viral Awan Aneh Seperti Tsunami di Atas Langit Makassar, BMKG Sebut Awan Ini Berbahaya

Baca: Kedigdayaan Keris Siginjai Bikin Orang Kayo Hitam Sakti Mandraguna, Inilah Fakta-faktanya

Baca: Perubahan Fisik Anak Krakatau Terdeteksi, TNI AL Temukan 2 Retakan Baru, Warga Diimbau Waspada

Sebelumnya, Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME membuka kegiatan Malam Promosi Wisata Seni dan Budaya Tanah Pilih Kota Jambi, yang dilaksanakan bertempat di Tugu Keris Siginjai Taman Pedesterian Jomblo Kotabaru Jambi.

Kegiatan seni dan budaya tersebut, merupakan sarana promosi, ajang kreatifitas dan aktualisasi budaya masyarakat Kota Jambi. Pada kegiatan tersebut, ditampilkan berbagai potensi dan bakat seni masyarakat Kota Jambi, seperti pertunjukan musik, tarian, fashion show, nasyid, dan parodi. Acara itu juga ditutup dan diakhiri dengan doa bersama, yang dibawakan oleh seluruh pemuka agama, yang didedikasikan bagi keselamatan Kota Jambi dan bangsa Indonesia.

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, Pemkot Jambi sudah lama memulai tradisi menyambut malam pergantian tahun di Kota Jambi dengan kegiatan yang bernuansa positif dan religi bagi masyarakat Kota Jambi.

"Ini bukan pertama kalinya kami melaksanakan kegiatan tabligh akbar dalam mengisi malam tahun baru. Disaat orang baru memulai dimana-mana, kami sudah lama melaksanakannya. Kita selalu terdepan, bukan seperti latah akan hal ini. Ini tahun keempat, Pemkot Jambi melaksanakan tabligh akbar di penghujung tahun. Kami ingin masyarakat mengisi malam pergantian tahun dengan berbagai kegiatan yang positif, bukan dengan perilaku yang cenderung mengarah kepada perilaku negatif," ujar Fasha.

Selain itu, menurut Fasha, pihaknya memang sengaja tidak mengeluarkan edaran yang melarang kegiatan malam tahun baru, karena berbagai pertimbangan yang matang.

"Kota Jambi terdiri dari beragam agama, ada umat agama lain yang juga merayakan malam tahun baru, sebagai bagian ibadahnya. Untuk itu kita harus saling menghargai dan hormati hal tersebut, karena mereka juga merayakan dan turut pula mendoakan keselamatan bagi Kota Jambi. Di Tugu Keris kami juga melaksanakan pentas seni, untuk mengumpulkan anak muda yang berprestasi dalam menyalurkan bakatnya. Selain itu juga kita berharap, dengan adannya kegiatan tersebut, dapat menghindari anak muda dari berbagai perilaku negatif dimalam tahun baru. Pentas seni itu juga kami batasi hanya sampai jam 11 malam dan tidak boleh ada pesta kembang api," tegas Wali Kota Fasha.

Dikedua lokasi tersebut, Pemerintah Kota Jambi juga menginisiasi penggalangan dana bantuan atau donasi kemanusiaan untuk korban tsunami di Banten dan Lampung. Dikedua lokasi itu, terkumpul dana dengan total Rp. 17.278.650, demgan rincian di lokasi Tabligh Akbar sejumlah Rp. 12. 906.650 dan di lokasi Tugu Keris sejumlah Rp. 4.372.000.

Donasi tersebut dalam waktu dekat akan segera diserahkan kepada korban Tsunami di Lampung dan Banten, melalui dompet amal Kota Jambi Peduli yang dikelola oleh Pemkot Jambi. Bagi masyarakat, dapat pula menyumbangkan donasinya melalui transfer ke rekening donasi Pemkot Jambi pada Bank Jambi dengan Nomor rekening 3001994777 atas nama Kota Jambi Peduli.

Editor: bandot
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved