VIDEO: Detik-detik Air Terjun Lembah Anai Meluap, Jalur Utama Padang-Bukit Tinggi Putus Total

Pengguna jalan yang akan menuju dan keluar dari Sumatera Barat, khususnya Kota Padang, hingga Selasa (11/12/2018), tidak bisa mengakses jalur tersebut

TRIBUNJAMBI.COM - Jembatan Batang Kalu di Korong Pasa Usang Nagari Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, ambruk. Kondisi jalur utama Padang menuju Bukittinggi atau sebaliknya, masih putus total.

Pengguna jalan yang akan menuju dan keluar dari Sumatera Barat, khususnya Kota Padang, hingga Selasa (11/12/2018), tidak bisa mengakses jalur tersebut.

Jembatan Batang Kalu di Korong Pasa Usang Nagari Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman Senin (10/12/2018) malam. Selain akses jembatan yang putus, terdapat dua titik longskor di jalur utama dari Padang menuju Bukittinggi dan sebaliknya.

Baca: GALERI FOTO: Jalan Bukit Tinggi - Padang Putus, Jalur Berantakan Sampai Ambrol

Baca: Semen Padang Lolos ke Liga 1 Musim 2019, Pelatih Bicarakan Soal Masa Depannya Bersama Kabau Sirah

Dilansir dari akun Instagram Polsek XKoto, longkor terjadi di Bukit Tambun Tulang Malibou Anak Nagari Guguk Kecamatan Kayu Tanam. Longsor mengakibatkan tanah dan pohon jatuh ke badan jalan.

Hal ini menyebabkan jalan raya Padang-Bukittingi tidak bisa dilewati kendaraan bermotor. Tak hanya itu, sekitar pukul 19.15 WIB Senin malam, longsor juga terjadi di dekat Pondok Ppergedel yang mengakibatkan tertimbunya badan jalan dan pohon tumbang.

Air Terjun Lembah Anai juga sempat meluap dan menyebabkan jalur tersebut berbahaya untuk dilewati kendaraan. Beberapa jalur alternatif bisa Anda lalui jika hendak ke Kota Padang. Bagi Anda yang dari Pekanbaru jalur alternatif pertama adalah melalui jalur Malalak.

Saat Anda sampai di Bukittinggi, di Simpang Padang Luar bisa berbelok ke kanan arah menuju Simpang Malalak. Tapi, untuk melewati jalur ini harus hati hati, karena penerangan jalan yang minim, dan beberapa titik yang juga rawan longsor.

Bisa juga dengan menuju Padang dari Bukittinggi melewati Kota Pariaman melalui kelok 44. Hanya saja waktu tempuh agak lama.

Jalur alternatif lain adalah melewati Solok dan Danau Singkarak. Jalur ini relatif lebih aman, namun waktu tempuh terbilang agak lama.

Sedangkan untuk Anda yang berada di Kota Padang menuju Pekanbaru bisa juga menggunakan jalur alternatif yang sama. Hingga saat ini belum dilaporkan adanya korban jiwa dan materi dalam bencana ini.

Baca: Video Perwira TNI Dikeroyok Tukang Parkir, Kondisi di Lokasi Polsek Ciracas

Baca: 5 Fakta dan Kronologi Polsek Ciracas Dirusak dan Dibakar Ratusan Orang, Oknum TNI Diduga Terlibat

Halaman
12
Penulis: wawan kurniawan
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved