Catat! Januari Nanti Ada Pemutihan BBN, Ini Syaratnya

Pemutihan Biaya Balik Nama (BBN) untuk plat kendaraan bermotor akan diberlakukan pada Januari 2019 mendatang.

Laporam Wartawan Tribun Jambi, Fadly

TRIBUNJAMBI. COM - Pemutihan Biaya Balik Nama (BBN) untuk plat kendaraan bermotor akan diberlakukan pada Januari 2019 mendatang.

Hal ini di sampaikan oleh Kabid Pajak Bakeuda Provinsi Jambi M Fatur. Direncanakan nantinya pemutihan tersebut akan dijalankan mulai Januari mendatang.

"Tetapi untuk persiapan payung hukumnya kita masih dalam proses pengerjaan," ungkapnya.

Pihaknya merencanakan Pemutihan BBN ini akan berlangsung selama tiga bulan.

"Dengan persayaratan yang jelas pemilik kendaraan yang lama harus mencabut berkasnya terlebih dahulu di plat yang lama, misalkan plat nomer kendaraanya B, jadi mereka harus mewajibkan cabut berkas dulu di tempat asal dan mengekuarkan fiskal," jelasnya.

Fiskal bertujuan untuk memeriksa apakah pemeilik kendaraan tersebut sudah melunasi kewajiban pajak kendaraannya di tempat yang lama, dan memastikan kendaraan tersebut pajaknya masih hidup minimal tiga bulan.

"Jika pajak kendaraan tersebut mati (kadarluarsa) di tempat yang lama wajib melunasi terlebih dahulu," jelasnya.

Untuk target sendiri, ia mengatakan masih belum ditentukan karena pemutihan tersebut belum berjalan, "Untuk perencanaan target sendiri kita masih belum menetapkan," jelasnya.

Hal ini bertujuan untuk menambah potensi jumlah kendaraan bermotor yang ada di Provinsi Jambi.

"Yang pada akhirnya nantinya menambah hasil penerimaan asli daerah khusus dari pajak kendaraan bermotor PKB," jelasnya.

Tujuan berikutnya adalah agar para pemilik kendaraan bermotor yang masih menggunakan plat di luar Provinsi Jambi agar memutasikan nomer kendaraan tersebut ke Provinsi Jambi.

"Memang biasanya si pemilik kendaraan yang berplat luar Jambi biasanya tidak peduli akan hal tersebut, tetapi kita akan terus coba dengan cara pemutihan tersebut nantinya secara gratis, tetapi dengan persyaratan pajak kendaraan tersebut masih aktif minimal tiga bulan," tutupnya.

Penulis: Muuhammad Ferry Fadly
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved