Sadarkan Warga akan Kebersihan, Genbi Jambi Sulap Kawasan Sampah Menjadi Taman

Genbi Jambi melakukan aksi sosial dengan merubah kawasan sampah di belakang Kantor Gubernur menjadi taman.

Sadarkan Warga akan Kebersihan, Genbi Jambi Sulap Kawasan Sampah Menjadi Taman
Tribunjambi/Fadly
Komunitas penerima Beasiswa Bank Indonesia melakukan aksi sosial dengan merubah kawasan sampah di belakang Kantor Gubernur menjadi taman. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Fadly

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Komunitas penerima Beasiswa Bank Indonesia melakukan aksi sosial dengan merubah kawasan sampah di belakang Kantor Gubernur menjadi taman.

Ketua umum Generasi Baru Indonesia (Genbi) Wandoyo mengatakan ini adalah program yang di buat oleh Bank Indonesia Pusat dengan tema Gerakan Bersih Indonesia (GBI).

"Serentak seluruh Genbi yang ada di nusantara melakukan aksi sosial, proker ini berlangsung sampai dengan pertengahan Desember," jelasnya.

Ia mengatakan bahwa menunjuk tempat sampah di belakang kantor Gubernur Jambi menjadi sasaran program kerja Genbi karena, sebenarnya kawasan itu tidak untuk pembuangan sampah umum.

"Kami sudah berkoordinasi dengan dinas terkait yakni DLH, dan mereka mensuport kegiatan kami ini, karena sebenarnya ini bukan tempat buang sampah. Di tambah lagi nantinya kawasan ini akan menjadi kawasan wisata air Danau Sipin, sayang sekali jika ada sampah di tempat wisata," jelasnya.

Baca: Sadar Keselamatan, Ratusan Warga Ikut Pelatihan Ujian SIM Ditlantas Polda Jambi

Nantinya, tempat sampah tersebut akan dibersihkan, dan Genbi Jambi akan meletakan ban ban yang sudah di warnai, dan juga menanam tanaman untuk menghiasi kawasan yang dulunya menjadi tempat sampah tersebut.

"Setelah itu nanti selesai membersihkan, kami akan membuat tulisan Genbi Jambi, tulisan itu akan kami bentuk dengan bunga yang kami tanam, kemudian kami akan berupaya juga membuat larangan membuang sampah di kawasan ini," jelasnya.

Ia mengatakan kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, bahkan mereka juga akan membuat 60 tong sampah yang akan mereka sebar di kota Jambi.

"Membuat taman ini kita usahakan selama dua hari, hari ini dan besok, tetapi besok tim kita pecah menjadi dua, sebagian meneruskan taman ini, yang lain menyebarkan 60 tong sampah, satu di antaranya adalah kita akan meletakkan tong sampang di kawasan hutan Pinus Kota Jambi," jelasnya.

Baca: Ini Modus Sederhana Kamelia Curi 13 Motor, Keliling Kota Jambi Cari Kunci Kontak yang Tertinggal

Genbi Jambi beranggotakan 100 orang dari Universitas Jambi dan juga UIN.

"Sesuai kuota yang disediakan Bank Indonesia Pusat untuk Provinsi Jambi hanya 100 orang, yakni 50 dari unja, dan 50 dari UIN, jadi untuk Genbi Jambi Sudah memenuhi kuota, dan kegiatan ini menggunakan dana yang di sediakan oleh Bank Indonesia Pusat," jelasnya.

Ia berharap nantinya setelah membersihkan tempat pembuangan sampah menjadi taman, masyarakat bisa dengan sadar turut menjaga dan melestarikan taman yang mereka buat.

Baca: Satu Jam, Belasan Rumah di Tungkal Ludes Terbakar

"Sama-sama menjaga lingkungan itu lebih baik, kalau bukan dari diri kita siapa lagi yang akan menjaga lingkungan kita, nantinya kan untuk kita,dari kita dan oleh kita," jelasnya.

Penulis: Muuhammad Ferry Fadly
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved