Kesehatan

Lima Pantangan yang Perlu Anda Perhatikan Pasca-operasi Caesar

Wanita yang melahirkan melalui operasi caesar makin meningkat, sebagian diantaranya karena opsi pilihan. Namun, ada juga karena faktor fisik

Lima Pantangan yang Perlu Anda Perhatikan Pasca-operasi Caesar
web
Operasi caesar 

TRIBUNJAMBI.COM - Wanita yang melahirkan melalui operasi caesar makin meningkat, sebagian diantaranya karena opsi pilihan. Namun, ada juga karena faktor fisik yang tidak mendukung, posisi bayi dan alasan medis lainnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menemukan sebanyak 30-54 persen wanita hamil di kota besar melahirkan melalui operasi caesar.

Mengutip dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid yang dilansir klikdokter.com disebutkan makin meningkatnya angka operasi caesar tentu dibarengi pula dengan keluhan pasca-operasi. Seperti nyeri dan komplikasi usai operasi caesar dilakukan.

Baca: VIDEO: Apa yang Dilakukan Pilot saat Tahu Mantan Guru jadi Penumpang Pesawat yang Dioperasikannya?

"Agar operasi caesar tak menimbulkan komplikasi, ibu perlu mengetahui lima pantangan yang perlu diperhatikan setelah menjalani operasi," ujar dr. Resthie. Berikut lima pantangan itu:

1. Mengangkat barang berat

Jika Anda harus mengangkat barang, batasi bahwa Anda hanya dapat mengangkat barang yang beratnya setara dengan berat bayi baru lahir (sekitar 2,5-3,5 kilogram). Sebisa mungkin jangan mengangkat barang yang beratnya lebih dari itu.

"Mengangkat barang yang berat segera setelah operasi caesar sudah pasti akan menyebabkan nyeri di daerah luka operasi," jelas Rhestie.

Selain itu, tindakan tersebut berisiko menyebabkan luka jahitan operasi terbuka kembali, serta dapat menyebabkan hernia (penonjolan usus) di daerah bekas operasi di kemudian hari.

Baca: Taurus dan 4 Pemilik Zodiak Ini Dapat Anda Jadikan Sahabat Setia

Baca: 8 Fakta Pernikahan Rahasia Mantan Miss Moscow dengan Raja Malaysia

2. Terlalu sering naik turun tangga

Serupa halnya dengan mengangkat barang berat, tindakan naik turun tangga akan menyebabkan tekanan di dalam perut meningkat. Peningkatan tekanan ini bisa menyebabkan luka jahitan operasi rentan terbuka dan hernia.

Halaman
123
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved