Pemilu 2019

KPU Sarolangun Targetkan 76 Persen Partisipasi Pemilih

KPUD Sarolangun memasang target partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mendatang sebesar 76 persen. Artinya, saat ini

KPU Sarolangun Targetkan 76 Persen Partisipasi Pemilih
TRIBUN JAMBI/WAHYU HERLIYANTO
Ketua KPU Sarolangun, Muhammad Fakhri 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com, Wahyu Herliyanto

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - KPUD Sarolangun memasang target partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mendatang sebesar 76 persen. Artinya, saat ini jumlah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) II sebanyak 196.200 pemilih, maka sebanyak 149.112 pemilih ditargetkan akan menggunakan hak suaranya. 

Ketua KPU Sarolangun Muhammad Fakhri mengatakan target angka tersebut berdasarkan target yang diberikan oleh KPU RI ke KPU Sarolangun, sesuai pengalaman-pengalaman pada pemilu sebelumnya. 

Baca: 1.840 Bilik Suara Diterima KPU Sarolangun, Tidak Ada yang Rusak

"Pemilu tahun 2019 ini kita targetnya yang diberikan KPU RI 76 persen," katanya. 

Kata Fakhri, jika berkaca dari Pemilu 2014 yang lalu, partisipasi pemilih dalam menggunakan hak suaranya sebanyak 82 persen lebih, dan menjadi partisipasi pemilih tertinggi nomor dua se Provinsi Jambi saat itu. Bahkan capaian KPU Sarolangun itu melebihi standar nasional. 

"Partisipasi pemilih pada pemilu 2014 itu mencapai 82 persen sekian, nomor dua se-Provinsi Jambi. Secara nasional, karena 2014 itu melebihi nasional," katanya. 

Baca: Ini Cara KPU Meningkatkan Partisipasi Pemilih

Dalam mencapai target partisipasi pemilih tersebut, katanya, pihaknya melakukan berbagai upaya, mulai dari pendataan pemilih hingga ditetapkannya DPT. Kemudian, melakukan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat, mulai dari desa hingga ke kota. 

Begitu juga kepada pemilih pemula, KPU Sarolangun melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, bahkan juga melakukan sosialisasi ke kelompok majlis taklim, dalam memberikan pemahaman agar mendatangi TPS pada saat pemungutan suara 17 April 2019 mendatang. 

Baca: Pileg 2019, KPU Jambi Targetkan Partisipasi Pemilih 77.5 Persen

"Mudah-mudahan partisipasi pemilih Sarolangun bisa melebihi standar nasional, kita sudah lakukan mulai pendataan pemilih, sosialisasi, memberikan pemahaman agar pada H masyarakat agar betul betul menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS. Kalau tidak datang ke TPS meski terdaftar di DPT sama saja mereka tidak menggunakan hak pilih," katanya. 

Baca: Al Haris Laporkan ke Kemendagri Partisipasi Pemilih di Pilkada Merangin 2018 Turun Dua Persen

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved