Belasan Pohon Duku Milik Warga Kelurahan Teluk Dawan Mati Mendadak, Ini Ciri-cirinya

Selain itu, menurut Ibrahim, ciri-ciri duku yang mati tersebut yakni daun berubah menjadi kuning dan runtuh.

Belasan Pohon Duku Milik Warga Kelurahan Teluk Dawan Mati Mendadak, Ini Ciri-cirinya
Tribun Jambi/Zulkifli
Belasan pohon duku warga Kelurahan Teluk Dawan, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, mati secara mendadak. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Belasan pohon duku warga Kelurahan Teluk Dawan, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, mati secara mendadak.

Pengakuan pemilik, pohon tersebut mulai mati sejak satu bulan terakhir.

Matinya belasan pohon duku di kebun warga RT 04, Kelurahan Teluk Dawan ini cukup membingungkan warga dan pemilik kebun. Sebab matinya berlasan pohon duku tersebut terbilang waktu yang singkat.

Ibrahim, pemilik kebun, kepada tribunjambi.com mengaku tidak mengetahui pasti penyebab matinya pohon duku miliknya secara mendadak.

pohon duku warga Kelurahan Teluk Dawan,
pohon duku warga Kelurahan Teluk Dawan, (Tribun Jambi/Zulkifli)

Menurutnya, itu terjadi sejak sebulan terakhir.

"Waktunya dalam satu bulan terakhir inilah. Soalnya kemarin saya ke sini melihat kesini masih subur segar, daunya masih bagus, batangnya bagus buktinya mengeluarkan buah. Tapi pas Jumat kemarin saya ke sini, saya lihat pohon duku saya sudah rusak," kata Ibrahim, Kamis (22/11).

Selain itu, menurut Ibrahim, ciri-ciri duku yang mati tersebut yakni daun berubah menjadi kuning dan runtuh. Kondisi fisik kulit pohon yang mengelupas dan berwarna kecokelatan, serta dahan pohon yang terlihat rapun dan kering tanpa daun.

"Ada yang sudah mati tak ada daun dan kelihatanya tak bisa hidup lagi," ujarnya.

Dikebun miliknya tersebut Ibrahim memiliki 17 Pohon duku, dan sudah ada sekitar 15 pohon yang mati, dan tersisah dua pohon namun kondisi daunya sudah menunjukkan gejala-gejala sakit.

Ibrahim sangat mengeluhkan matinya belasan pohon duku miliknya tersebut. Sebab bila sehat dan produktif setiap tahunnya belasan pohon duku miliknya tersebut secara keseluruhan dapat menghasilkan buah hingga 7 ton. Namun kini harapannya untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari buah dukunya itu pupus lantaran banyaknya pohon yang mati.

Ia berharap pemerintah daerah melalui dinas terkait dapat memperhatikan dan turun kelokasi untuk meneliti dan mencari tahu sebab musabab matinya belasan pohon duku yang telah berusia lebih dari 25 tahun tersebut.

"Kami sangat berharap pemerintah terkait agar dapat melakukan tindakan, untuk mengatasi permasalahan ini," harapnya.

Baca: Mekanisme Kelolosan Sistem Ranking CPNS 2018 yang Baru, Formasi by System

Baca: Update Pengumuman Hasil Tes SKD CPNS 2018 - 7 Syarat Lulus SKB CPNS 2018

Baca: Kunci Gitar dan Lirik Lagu Wahyu - Selow, yang Populer dan Fenomenal Diciptakan Inyong Kunci

Penulis: Zulkifli
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved