VIDEO

VIDEO: Puluhan Warga Blokir Jalang Lorong Pipa dengan Tumpukan Sampah

Puluhan warga RT 13, 14, dan 16 memblokir jalan lorong Pipa 16, kelurahan Beliung. Hal ini dilakukan warga karena sampah yang menumpuk

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Puluhan warga RT 13, 14, dan 16 memblokir jalan lorong Pipa 16, kelurahan Beliung. Hal ini dilakukan warga karena sampah yang menumpuk di sepanjang jalan tersebut.

Menurut Herman seorang warga, sekitar sampah yang menumpuk tersebut bukan karena warga sekitar yang membuang sampah. Namun karena warga yang melintasi jalan tersebut yang sering membuang sampah.

Bahkan karena bau busuk sampah tersebut, anak Herman hingga masuk rumah sakit karena terkena penyakit saluran pernafasan.

Dengan keadaan tersebut warga sekitar meminta agar sampah segera diangkut, dan bak sampah dipindahkan. Karena warga sekitar sudah memiliki bak Sampah masing-masing, dan tidak membuang sampah di bak tersebut.

"Kami minta dipindahkan bak sampah ini, karena akibat bak sampah ini dan lampu penerangan jalan yang kurang sering terjadi kecelakaan dsn perilaku kejahatan, karena masyarakat sering berhenti untuk membuang sampah, sehingga peluang untuk berbuat jahat lebih tinggi," jelasnya.

Selang beberapa jam setalah warga memblokir jalan, Kepala Dinas PUPR kota Jambi Fatri Suandri, kepala Satpol PP kota Jambi Yan Ismar, dan Asisten I bidang Pemerintah pemkot Jambi Mukhlis langsung meninjau ke lokasi pemblokiran Jalan.

Disampaikan Yan Ismar bahwa setiap hari sampah di Jalan Lorong Pipa 16 kelurahan beliung setiap hari selalu diangkat. Namun karena banyaknya warga yang bukan masyarakat sekitar membuang sampah di bak sampah tersebut sehingga petugas kewalahan untuk mengangkutnya.

Menurutnya besok pagi petugas akan segera mengakut sampah, dan beberapa armada pengangkut sampah akan dikerahkan. Termasuk permintaan warga untuk tidak ada bak sampah lagi dilokasi tersebut.

"Karena malam ini petugas semua sudah pulang, dan beberapa armada masih ada yang di Paal X, maka kita putuskan besok pagi sampahnya baru diangkut. Alhamdulillah warga setuju," katanya.

Ia mengatakan bahwa bak sampah tersebut nantinya akan dipindahkan ke tempat lain. "Nanti kita cari tempat alternatif yang tepat untuk meletakkan bak sampah ini," katanya.

Dirinya juga mengimbau kepada warga jika masih ada pengendara yang membuang sampah di jalan tersebut, agar langsung di stop dan langsung dilapor kepada dinas terkait. "Kita juga minta supaya warga membantu kami, untuk mengawasi agar warga lain tidak lagi membuang sampah di jalan tersebut," ujarnya.

Sementara kepala Satpol PP kota Jambi Yan Ismar, mengatakan bahwa besok pihaknya akan membuat plang agar warga tidak lagi membuang sampah di lokasi tersebut. "Kalau masih ada yang buang sampah disini lapor ke kami," katanya.

Penulis: Rohmayana
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved