Menuju Akreditasi, 6 Puskesmas di Sarolangun Dinilai

Ada enam puskesmas yang akan memperoleh gelar akreditasi yang saat ini sedang dinilai oleh tim kementrian kesehatan.

Menuju Akreditasi, 6 Puskesmas di Sarolangun Dinilai
tribunjambi/wahyu
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun, Adnan 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Wahyu Herliyan

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sarolangun terus melakukan berabagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakatnya.

Salah satunya upaya tersebut dengan meningkatkan dan mengejar akreditasi puskesmas layaknya sebuah universitas. Ada enam puskesmas yang akan memperoleh gelar akreditasi yang saat ini sedang dinilai oleh tim kementrian kesehatan.

Kepala Dinkes Sarolangun, Adnan mengatakan, upaya pencapaian akreditasi tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian Dinkes dalam menciptakan pelayanan kesehatan yang baik dan memenuhi standar bagi masyarakat Sarolangun.

Baca: Dinkes Sebut Hanya Dua Puskesmas yang Kekurangan Tenaga Analis untuk Tes Urine Caten

Baca: Polisi Jaga di Pos Lantas Lamongan Diserang, Mata Kanan Bripka A Kena

“Kita targetkan untuk tahun 2019 semua Puskesmas sudah terakreditasi. Untuk sekarang ada beberapa Puskesmas sedang dalam proses menuju akreditasi,” ungkap Adnan, kepada Tribunjambi.com.

Sebelumnya, pada tahun 2016 lalu, Puskesmas Kecamatan Pauh menjadi yang pertama di Sarolangun dalam memperoleh akreditasi.
Setahun setelah itu, 2017 disusul enam Puskesmas yang berhasil mendapat akreditasi.

Dan, tahun ini, sebanyak enam Puskesmas lainnya sedang dalam proses penilaian untuk memperoleh akreditasi.

Baca: Kopassus Diledek Media Thailand Lagi Piknik, Tapi Bisa Tumpas Pembajak Pesawat

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinkes Sarolangun, Sep Hurmuddin mengatakan, banyaknya persiapan yang perlu disiapkan dalam menuju dan memperoleh akreditasi. Seperti sarana dan prasarana, pelayanan, Sumber Daya Manusianya (SDM) dan lainnya.

“Ada beberapa hal yang dinilai oleh tim komisi penilaian dari kementrian kesehatan seperti, administrasi, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan juga Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP),” terangnya.

Dari enam Puskesmas yang telah diusulkan, lima Puskesmas sedang dalam penilaian tim komisi akreditasi. Sementara satunya masih menunggu jadwal survei yang direncanakan akan dilaksanakan pada minggu ketiga November ini.

Baca: Daftar Nama 101 Jenazah Korban Kecelakan Lion JT 610 yang Teridentifikasi

Baca: Identitas Mayat Dalam Drum Terungkap, Ada Luka Tusuk di Leher Dufi Mantan Jurnalis, Ini 5 Faktanya

“Kita masih menunggu hasilnya,” ujarnya.

Puskesmas yang sedang dalam proses penilaian yakni, Puskesmas Batang Asai, Cermin Nan Gedang, Singkut 5, Air Hitam dan Butang Baru. Sementara Puskesmas Sungai Baung masih menunggu jadwal survei dari tim komisi penilaian dari Kementerian Kesehatan.(*)

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved