Ini Estimasi Waktu yang Dibutuhkan PPS saat Proses Penghitungan Suara

"Kami akan melakukan simulasi untuk memperkirakan waktu yang diperlukan," ungkap Sanusi, Komisioner KPU Provinsi Jambi, Selasa (20/11).

Ini Estimasi Waktu yang Dibutuhkan PPS saat Proses Penghitungan Suara
Tribun Jambi
Ilustrasi surat suara. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Hendri Dunan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jambi memrediksi waktu yang dibutuhkan untuk proses penghitungan surat suara.

Mengingat banyaknya surat suara yang harus di hitung di tiap TPS oleh PPS, maka pihak KPU pun berusaha memperhitungkan kebutuhan waktunya. Sebab, ada lima rangkap surat suara yang pada saat itu harus dihitung oleh PPS.

"Kami akan melakukan simulasi untuk memperkirakan waktu yang diperlukan," ungkap Sanusi, Komisioner KPU Provinsi Jambi, Selasa (20/11).

Dalam simulasi nanti diperkirakan setiap surat suara membutuhkan waktu lebih kurang 1 menit. Dan di dalam TPS tersebut ada 300 mata pilih. Lalu, ada lima surat suara yang harus dihitung oleh PPS.

"Hitungannya bila satu surat suara butuh 1 menit, maka dikalikan 300 mata pilih dan di kali kan lima surat suara. Bisa seperti itu menghitung waktunya," ungkap Sanusi.

Dengan demikian menurut Sanusi, untuk satu jenis surat suara membutuhkan waktu lebih kurang 300 menit atau sama dengan 5 jam. Bila satu surat suara butuh 5 jam, maka bila lima surat suara bisa mencapai 25 jam.

Akan tetapi Sanusi memperkirakan penghitungan surat suara tidak akan sampai memakan waktu 1 menit. Maka diprediksi cukup dengan setengah menit saja.

"Awalnya kita prediksi satu menit tiap satu surat suara. Ternyata memakan waktu yang cukup panjang. Maka kita percepat menjadi cukup 30 detik saja. Dengan catatan semua berjalan lancar tanpa protes para saksi,"ucap Sanusi.

Estimasi waktu tersebut menurut Sanusi, belum dihitung bila ada saksi yang protes, istirahat petugas atau kendala teknis lainnya. Bila kondisi itu terjadi waktu penyelesaian bisa bertambah lebih lama.
Selain menghitung surat suara, petugas PPS juga harus melakukan rekap hasil perolehan suara.

Baca: BREAKING NEWS : Mahasiswi Asal Jambi Tewas Tenggelam di Pantai Glagah, Yogyakarta

Baca: Jumlah Barang Kiriman yang Masuk ke Bungo Meningkat Hingga 35 Persen

Baca: BPBD Tebo Minta Warga Waspada Puting Beliung

Baca: Ramalan Sudjiwo Tedjo tentang Pemenang Pilpres 2019, Jokowi, Prabowo dan Mbok Jamu

Penulis: dunan
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved