Bencana Banjir

Curah Hujan Tinggi dan Pasang Air Laut, BPBD Tanjabtim Tetapkan Status Siaga 3 Bencana Banjir

Tingginya curah hujan ditambah tingginya air pasang laut membuat beberapa wilayah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Curah Hujan Tinggi dan Pasang Air Laut, BPBD Tanjabtim Tetapkan Status Siaga 3 Bencana Banjir
TRIBUN JAMBI/ZULKIFLI
Kepala BPBD Tanjabtim Jakfar dan dua perahu karet sudah dipersiapkan pascaditetapkan status darurat siaga 3 banjir di kabupaten tersebut. 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Tingginya curah hujan ditambah tingginya air pasang laut membuat beberapa wilayah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur siaga banjir akibat meluapnya sungai Batanghari.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanjung Jabung Timur daerah-daerah yang rawan banjir tersebut adalah Kecamatan Berbak, Kecamatan Dendang, serta kecamatan Rantau Rasau.

Kepala BPBD Tanjabtim Jakfar kepada Tribunjambi.com menjelaskan saat ini kondisi ketinggian air di Kecamatan Berbak berada diangka 4,8 dalam artian dalam kondisi siaga tiga.

Baca: Laskar Gunung Kembang Optimis, Baru Kantongi 3 Poin

"Kondisi kita untuk sementara ini masih aman. Sepanjang di wilayah hulu sungai masih terkendali Insyallah masih aman. Karena posisi kita ini posisi kiriman dari hulu, bersamaan dengan pasang laut nah itu yang kita antisipasi sekarang," ujar Jakfar, pada Rabu (14/11).

Namun demikian, pihak BPBD Tanjabtim saat ini telah siap siaga mengingat kondisi pasang laut yang tinggi saat ini tinggi dan juga curah hujan yang masih tinggi.

"Kalau pasang laut tinggi dan kiriman air dari hulu kecil itu masih aman. Kita pantau terus perkembanganya," beber Jakfar.

Untuk mengantisipasi bencana banjir tersebut, Pihak BPBD Tanjabtim besok akan menurunkan dua unit perahu evakuasi ke wilayah kecamatan Berbak sebagai langkah siaga saat banjir tiba.

"Kita tidak bisa prediksi karena saat ini curah hujan masih tinggi, jadi kita siap siagalah," ujarnya.

Baca: Tiga Kades di Tebo Nunggu Pelantikan  

Baca: Bupati Tanjabtim Raih Penghargaan Terbaik I Kategori Penurunan Angka Kemiskinan Tertinggi 2015-2017

Selain itu Jakfar menambahkan, pada tahun sebelumnya juga sempat terjadi banjir meskipun tidak terlalu signifikan. "Tahun kemarin ada banjir wilayahnya di desa Rawasari Kecamatan Berbak. Desa-desa lain juga ada tapi tidak terlalu berat," ungkapnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved