Operasi Zebra Polres Tanjabtim, Angka Tilang Meningkat 20 Persen dari Tahun Sebelumnya

Setelah digelar selama 14 Hari sejak 30 Oktober hingga 12 November 2018 kemarin, sedikitnya 1191

Operasi Zebra Polres Tanjabtim, Angka Tilang Meningkat 20 Persen dari Tahun Sebelumnya
tribunjambi/zulkifli
Kasat Lantas Polres Tanjabtim, AKP Tesmirizal 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Setelah digelar selama 14 Hari sejak 30 Oktober hingga 12 November 2018 kemarin, sedikitnya 1191 pelanggaran lalu lintas berhasil ditindak jajaran Sat Lantas Polres Tanjabtim dalam Operasi Zebra tahun 2018 ini.

Angka itu mengalami peningkatan sebanyak 20 persen jika dibandingakan dengan hasil operasi Zebra pada tahun 2017 silam dengan jumlah 973 pelanggaran.

"Terhitung sejak pukul 00.00 Wib malam tadi Operasi Zebra sudah selesai, kurang lebih dilaksanakan selama 14 hari ada 1191 pelanggaran yang kami tilang," ungkap Kasat Lantas Polres Tanjabtim, AKP Tesmirizal, kepada Tribunjambi.com pada Selasa (13/11).

Tesmirizal menjelaskan, dari 1191 berkas tilang yang dikeluarkan didominasi oleh kendaraan sepeda motor sebanyak 684, dan kendaraan roda empat 150 unit, mobil penumpang umum 19 unit, mobil truk 151 unit, truk gandeng 2 unit, serta tronton 3 unit.

"Untuk jenis pelanggaran itu sendiri didominasi pelanggar sepeda motor yang tidak menggunakan helm berstandar indonesia atau SNI serta tidak menggunakan sabuk pengaman untuk pengendara roda empat," ujar Kasat Lantas.

Selain itu, Kasat Lantas tetap mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Terutama tujuh sasaran prioritas pada saat operasi Zebra yakni penggunaan helm ber SNI, penggunaan sabuk keselamatan, melebihi batas kecepatan, tidak menggnakan handphone, tidak menggunakan minuman keras dan narkotika saat mengendarai, melawan arus, dan terhadap anak dibawa umur yang membawa kendaraan.

"Itu merupakan 7 fatalitas penyebab kecelakaan lalu lintas. Meskipun tidak dalam operasi Zebra pengendara diharapkan dapat memperhatikanya," pungkas Tesmirizal.

Penulis: Zulkifli
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved