1.171 Warga Komunitas Adat Terpencil di Batanghari Masih Belum Terdata

Sebanyak 3.457 jiwa warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang ada di Kabupaten Batanghari, terdapat beberapa diantaranya

1.171 Warga Komunitas Adat Terpencil di Batanghari Masih Belum Terdata
TRIBUN JAMBI/ABDULLAH USMAN
Kantor Dinas Sosial Kabupaten Batanghari di Muara Bulian. 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Sebanyak 3.457 jiwa warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang ada di Kabupaten Batanghari, terdapat beberapa diantaranya telah memiliki status kependudukan.

Dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Batanghari, lima kecamatan diantaranya memiliki KAT yang tersebar di beberapa desa di kecamatan tersebut. Sebagian dari mereka ada yang sudah dilakukan pembinaan dan menetap sehingga membaur dengan masyarakat.

Baca: Barang Bukti dari 88 Kasus yang Sudah Berkekuatan Hukum Tetap Dimusnahkan di Kuala Tungkal

Dikatakan Kepala Bidang Pemberdayaan dan Rehabilitas Sosial Dinas Sosial Kabupaten Batanghari, Srimarta Puriana dari total keseluruha KAT yang berada di Batanghari mencapai 3.457 jiwa ada sekitar 2.286 diantaranya telah terdata di Dinsos Batanghari.

Total KAT yang sudah menetap dan membaur dengan masyarakat secara keseluruhan di Batanghari 2.286 jiwa tersebut berada di lima kecamatan. Secara adminis trasi mereka sudah berstatus legal sebagai penduduk indonesia dengan kepemilikan KTP dan KK.

Dikatakannya, warga KAT yang telah terdata tersebut terdiri dari 619 KK yang berada di Kecamatan Muara Bulian,  Singkawang 77 KK, Sialang Pungguk 51 KK, Bajubang Desa Bungku 70 KK, Pompa Air 211, Jebak 115 KK , Bathin XXIV 17 KK, Bulian Baru 16 KK, dan Muara jangga 71 KK.

Mereka yang telah terdata tersebut sudah memiliki surat prona tanah, baik dari hibah desa maupun tanah dari kementerian, diantaranya warga SAD di Desa Pompa Air yang menerima bantuan tanah dari kementerian. Dan sertfikat tanah tersebut dipegang oleh KAT bersangkutan.

Baca: Ditemukan Selisih Data Hingga 11 Ribu Jiwa pada DPTHP II Kabupaten Tebo

Baca: DPTHP Tahap II Tebo Capai 238 Ribu Jiwa.  Simak Rekapitulasi Perkecamatan

"Dari lima kecamatan tadi ada satu kecamatan yang belum menetap yaitu KAT yang berada di Kecamatan Maro Sebo Ulu (MSU), di Padang Kalpo dan Sungai Geger. Terdiri dari empat Tememggung Jelitai 140 KK, Temenggung Jenong 166 KK, Ngamal 110 KK, Manuarau 191 KK dan Girang 96 KK. Total yang masih nomaden berjumalh 1171 jiwa," Jelasnya kepada tribunjambi.com, Selasa (13/11).

Penulis: Abdullah Usman
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved