Tiga Desa di Tanjabtim Belum Ajukan Pencairan Dana Desa Tahap III

Dari 73 desa yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), sebanyak 70 desa yang sudah mengajukan pencairan Dana

Tiga Desa di Tanjabtim Belum Ajukan Pencairan Dana Desa Tahap III
tribunjambi/zulkifli
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Tanjabtim, Syafaruddin 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Dari 73 desa yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), sebanyak 70 desa yang sudah mengajukan pencairan Dana Desa (DD) tahap III, sementara 3 desa lainnya masih dalam proses verifikasi laporan.

"Tiga desa itu, yakni Sungai Sayang, Sungai Cemara dan Harapan Makmur," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Tanjabtim, Syafaruddin, pada Minggu (4/11).

Dikatakannya, dari 70 desa yang telah mengajukan pencairan, sebanyak 20 desa yang sudah mendapatkan SP2D dari Badan Keuangan Daerah (BKD). Untuk sisanya masih dalam proses pihak BKD.

Baca: Money Politics jadi Sorotan dan Harus Diwaspadai pada Pemilu Serentak 2019

"SP2D itu tergantung pihak BKD yang mengeluarkannya. Yang jelas sisa 50 desa lagi proses, tapi saya tidak tahu kapan akan keluar," sebutnya.

Untuk pencairan DD tahap III ini, desa diminta melaporkan realisasi DD tahap I dan II serta laporan progres kegiatan fisik. "Jadi disini (DPMD, red) yang verifikasi laporannya. Jika lengkap, baru kita merekomendasikan ke BKD. Setelah SP2D keluar, desa bisa langsung melakukan pencairan," ungkapnnya.

Dijelaskannya, 3 desa yang belum laporannya, berkemungkinan dalam waktu dekat ini akan selesai. "Yang jelas sebelum Desember mendatang, semua desa sudah melakukan pencairan 100 persen," tuturnya.

Syafaruddin mengharapkan kepada desa, semua kegiatan yang dilakukan sesuai dengan yang telah dituangkan dalam APBDes. Yakni jika itu kegiatan fisik, harus sesuai dengan RAB atau desain gambar.

Baca: Dinas Sosial Bungo Pasok Beras dan Perlengkapan Masak ke Dusun Terkena Banjir

Baca: Empat Dusun di Bungo Banjir, Warga Diharuskan Keluar Rumah

"Kita berharap Kepala Desa bekerja dengan tupoksinya. Kerjakan lah kegiatan yang baik dengan acuan yang telah dibuat oleh orang desa itu sendiri," tukasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved