4 Tahun Jokowi dan JK

4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Ini 5 Capaian Keberhasilan Penataan Ekonomi

Empat tahun sudah pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla memimpin Indonesia. Lalu apa yang sudah dicapai keduanya?

4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Ini 5 Capaian Keberhasilan Penataan Ekonomi
Instagram/@raffinagita1717
Pembawa acara Raffi Ahmad (kanan bawah) berfoto bersama Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo serta Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla.(Instagram/Raffi Ahmad) 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Empat tahun sudah pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla memimpin Indonesia. Lalu apa yang sudah dicapai keduanya?

Staff khusus Presiden di bidang Ekonomi Ahmad Erani Yustika mengatakan, setidaknya secara umum ada lima hal yang bisa diperhatikan dalam pencapaian Jokowi-JK di empat tahun ini.

Pertama, pencapaian makro ekonomi nasional. Kedua, keadilan ekonomi dan sosial. Ketiga, kemandirian ekonomi.

Baca: Gubernur DKI Jelaskan soal Uang Bau dan Hibah ke Pemkot Bekasi

Keempat, pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Kelima, pengelola pembangunan, terutama dari sisi fiskalnya.

Dari kelima itu, Erani lebih menyoroti hal yang belum banyak disinggung, yakni Indonesia dalam empat tahun terakhir ini masuk dalam zona stabilisasi harga yang standarnya itu sudah seperti negara maju.

"Ini seperti era baru ekonomi Indonesia," ungkap Erani belum lama ini.

Lebih lanjut ia merinci, hal itu ditopang dari inflasi yang bisa dipertahankan di bawah 4%. Layaknya negara di Eropa, inflasi tidak pernah nyaris di atas 5%.

Ia berpendapat, angka inflasi merupakan wujud berhasilnya pemerintahan Jokowi dalam menghadapi harga pangan dan membangun rantai pasok yang efisien. Dengan inflasi yang rendah, maka masyarakat diuntungkan karena pendapatannya tidak akan tergerus dengan harga yang meningkat.

Baca: Pertumbuhan Kredit 12,7 Persen September Dikhawatirkan HIPMI Hanya Bersifat Seasonal

Baca: Wali Kota Bekasi: Tidak Usah ada Angka-angka. Bangun Saja yang Jadi Kepentingan DKI

Bahkan dari sisi produsen pun, di tengah inflasi yang rendah ini, masih bisa berekspansi. Sebab, pemerintah memberikan berbagai insentif. "Sehingga baik produsen dan masyarakat dua-duanya bahagia," kata Erani.

Jelas, tambahnya, keadaan saat ini jauh berbeda di empat tahun sebelumnya yang angka inflasinya bisa mencapai 8%.

Halaman
12
Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved