Jambi Masih Butuh 17.000 LPJU

Saat ini sebanyak 15.425 titik lampu jalan sudah dipasang di hampir semua jalan lingkungan di Kota Jambi. Ini guna menambah

Jambi Masih Butuh 17.000 LPJU
TRIBUNJAMBI/LEONARDUS YOGA
Pembangunan tiang untuk lampu jalan 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Saat ini sebanyak 15.425 titik lampu jalan sudah dipasang di hampir semua jalan lingkungan di Kota Jambi. Ini guna menambah estetika perkotaan dan meminimalisir tindak kejahatan.

Kepala Bidang Lampu Penerangan Jalan Umum, Nujummudin mengatakan bahwa secara kebutuhan, Kota Jambi saat ini memerlukan 17.000 titik lampu penerangan jalan, untuk jalan lingkungan. Namun saat ini tinggal 2 ribu titik jalan lingkungan yang belum terpasang lampu penerangan.

Baca: VIDEO: Word Barista Ini Sebut Kopi Indonesia yang Paling Berkesan Adalah Kopi Kerinci, Ini Alasannya

"Itu kita menghitung kebutuhan saat ini, kita perkirakan akan terus bertambah kedepannya, karena pertumbuhan perumahan dan jalan lingkungan sangat pesat," kata Nujum.

Sementara untuk di jalan-jalan protokol hanya tinggal tiga ruas jalan lagi yang belum terpasang. Seperti di jalan Adam Malik, Agus Salim, dan Pangeran Hidayat. "Yang pangeran hidayat sedang dalam proses pengerjaan," katanya.

Dia mengatakan untuk jalan Pangeran Hidayat, tidak bisa diteruskan sampai ke Pal 10. Hal itu dikarenakan tidak adanya median jalan. Selain itu juga ada kewenangan pemerintah provinsi atau nasional karena status jalan tersebut merupakan status jalan nasional.

"Jadi kita hanya sampai kantor camat Kota Baru," katanya.

Secara keseluruhan untuk jalan protokol hanya tinggal 500 tiang yang belum terpasang atau sekitar 1.000 titik lampu.

Baca: Jamaah Haji Sarolangun Meninggal di Tanah Suci

Baca: Doyan Ngemil, Ini yang Dilakukan Rinanda Saat Busana Tak Lagi Muat di Badan

"Jadi total kita butuh 3 ribu lampu lagi untuk jalan lingkungan dan protokol," katanya.

Dia mengatakan target tersebut akan diselesaikan di tahun 2019 dan 2020. Dirinya berharap pemerintah provinsi dan pemerintah pusat dapat membantu pemerintah kota dalam menyediakan lampu penerangan jalan.

"Kalau untuk jalan status kota dan jalan lingkungan kita sudah anggarkan melalui APBD, tapi untuk yang jalan status nasional dan provinsi kita berharap pemerintah terkait dapat membantu," katanya.

Penulis: Rohmayana
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved