Harus Menunggu 20 Tahun untuk Haji, Kemenag Muarojambi Sarankan Segera Daftar

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Muarojambi, M Ikbal menghimbau kepada seluruh masyarakat Muarojambi khususnya segera mendaftarkan haji.

Harus Menunggu 20 Tahun untuk Haji, Kemenag Muarojambi Sarankan Segera Daftar
Tribun Jambi/Samsul Bahri
Kepala Kementerian Agama Kabupaten Muarojambi, M Ikbal 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Kepala Kementerian Agama Kabupaten Muarojambi, M Ikbal menghimbau kepada seluruh masyarakat Muarojambi khususnya segera mendaftarkan haji.

Ia mengatakan bahwa bagi masyarakat yang mampu dan ingin pergi haji segeralah untuk mendaftar, pasalnya waktu tunggu untuk ibadah haji semakin lama.

"Saya menghimbau kepada masyarakat yang ingin pergi haji, jangan tunggu-tunggu lagi, langsung daftar karena semakin lama, waktu tunggu akan semakin lama," ujarnya

Ia menjelaskan bahwa hingga saat ini masa tunggu untuk keberangkatan haji mencapai waktu 20 tahun. Selain itu, Ia menambahkan bahwa pihaknya juga memiliki prioritas untuk yang mendaftar di atas usia 75 tahun.

"Prioritas kita itu untuk calon jamaah haji yang usianya 75 tahun ke atas bisa langsung berangkat. Intinya sudah pemeriksaan dan lain-lain dan dinyatakan bisa untuk berangkat," jelasnya.

Untuk saat ini, Ia mengatakan bahwa ada sekitar 3.000 calon jamaah haji yang sedang menunggu waktu keberangkatan. Meskipun Ia katakan bahwa pada tahun ini dan kedepannya akan ada program pengalihan porsi waris.

Ia menjelaskan bahwa pengalihan porsi waris merupakan 10 program inovasi penyelengaraan ibadah haji. Meskipun memang saat ini, tidak ada banyak yang tahu mengenai pengalihan porsi waris tersebut.

"Itu merupakan program pengalihan porsi bagi jamaah yang wafat kepada ahli waris. Jadi kalo sebelum keberangkatan jamaah yang sudah mendaftar tadi meninggal, itu bisa dialihkan dengan ahli warisnya dengan antrian yang sama, kalo yang dulu kan daftar baru dan antrian baru," pungkasnya.

Selain itu, masyarakat saat ini juga tidak perlu khawatir untuk kehilangan atau ketinggalan dari rombongan haji. Sebab, saat ini Jamaah sudah dibekali dengan QR Code pada gelang jamaah.

"Jamaah juga tidak perlu khawatir kehilangan. Jamaah sudah pakai gelang kode jamaah ini ada rekaman identitasnya," tambahnya.

Penulis: syamsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help