Ulasan Hukum, Niat dan Tata Cara Lengkap Membayar Zakat

Ada kewajiban yang harus dilakukan umat muslim menjelang idul fitri yaitu bayar zakat fitrah

Ulasan Hukum, Niat dan Tata Cara Lengkap Membayar Zakat
Zakat Fitrah 

TRIBUNJAMBI.COM - Idul Fitri tinggal menghitung hari, jika mengacu pada Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1439 H jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018.

Ada kewajiban yang harus dilakukan umat muslim menjelang idul fitri yaitu bayar zakat fitrah. Zakat Fitrah adalah hukumnya wajib.

Dikutip Tribunjogja.com dari laman nu.or.id, Zakat Fitrah adalah zakat yang harus dikeluarkan oleh setiap orang Islam pada saat menjelang Idul Fitri.

Baca: Ini 8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

Nah siapa saja yang diwajibkan Zakat Fitrah? Zakat Fitrah adalah wajib bagi setiap orang Islam, untuk dirinya sendiri dan untuk orang-orang yang berada dalam tanggungannya.

Yaitu Laki-laki, Perempuan, Anak-anak, Janin, Orang dewasa, Budak, Orang tua, dan setiap orang yang merdeka (bukan buda).

Macam-macam Zakat Fitrah, Zakat Fitrah pada intinya adalah menggunakan makanan atau kebutuhan pokok dari suatu wilayah terkait.

Berikut ini adalah hal-hal yang diperbolehkan digunakan untuk Zakat Fitrah Gandum, Kurma, Susu, Anggur kering, Beras Dll.

Dipembahasan lain ditegaskan, menurut Ulama Syafi’iyyah, zakat fitrah tidak boleh diberikan kepada penerima zakat (mustahiq) dalam bentuk uang.

Lembaga Bahtsul Masail (LBM) Pesantren Sirojuth Tholibin, Brabo, Tanggungharjo, Grobogan Jawa Tengah, memberikan penjelasan terkait zakat dengan menggunakan uang atau melalui uang.

Zakat Fitrah
Zakat Fitrah ()

Terma melalui uang artinya alat tukar tersebut hanya sebagai perantara sehingga penyaluran zakat tetap dalam bentuk makanan pokok.

Halaman
12
Editor: suci
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help