Mau Tahu Cara Mengitung Bulan Untuk Menetapkan Idul Fitri, Simak Penjelasan Berikut

Inilah rahasia bagaimana menghitung bulan untuk menetapkan awal bulan puasa dan hari Lebaran. Terdapat 305 tempat di Indonesia

Mau Tahu Cara Mengitung Bulan Untuk Menetapkan Idul Fitri, Simak Penjelasan Berikut
Shutterstock
Suhu udara di sepanjang bulan Ramadhan di sebagian besar wilayah Arab Saudi bisa mencapai 65 derajat celsius. 

TRIBUNJAMBI.COM – Inilah rahasia bagaimana menghitung bulan  untuk menetapkan awal bulan puasa dan hari Lebaran. Terdapat 305 tempat di Indonesia yang dipakai untuk melihat bulan.

Kepala Subdit Pertimbangan Hukum Agama dan Hisab Rukyat (kala itu), Departemen Agama RI Drs. Wahyu Widiana, M.A. mengungkapkannya kepada kita.

Bulan suci Ramadhan ini diyakini sebagai bulan "panen"  bagi mereka yang menyenangi kebajikan.

Betapa tidak? Pada bulan ini banyak sekali keistimewaan yang tidak akan diperoleh pada bulan-bulan lainnya.  

Amalan ibadah wajib akan dibalas berlipat ganda, dan amalan sunah akan diberi pahala seperti mengerjakan amalan wajib di luar bulan Ramadhan.

Dikatakan, pada bulan suci ini pintu-pintu surga terbuka lebar, pintu neraka tertutup rapat, dan tangan jahil setan terbelenggu kuat.

Orang yang lulus menjalankan kewajiban Ramadhan akan disebut sebagai orang fithri, orang suci sebagaimana sucinya seorang bayi yang baru lahir.

Baca: Bom Surabaya, Begini Nasib 7 Anak Teroris Saat Ini, Memilukan

Namun sayang sekali, sering ditemui masalah yang ,sedikit "menggangu" walaupun ada yang menganggap itu hal biasa; tak perlu dipermasalahkan dan dibesar-besarkan. Masalah yang dimaksud adalah perbedaan hari dalam merayakan Idul Fitri.

Perbedaan ini menjadikan banyak orang ingin tahu permasalahannya: mengapa hal itu bisa terjadi. Tulisan ini diharapkan dapat menjawab pertanyaan tersebut dan memberi gambaran tentang penetapan Idul Fitri di Indonesia.

Mengintip bulan

Halaman
1234
Editor: ekoprasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help