Kesehatan

Tidak Disarankan Mengonsumsi Pil KB Secara Terus-menerus, Efeknya Cukup Membahayakan

Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang paling sering digunakan pasangan, khususnya wanita. Sebagai salah satu metode

Tidak Disarankan Mengonsumsi Pil KB Secara Terus-menerus, Efeknya Cukup Membahayakan
Pil KB 

TRIBUNJAMBI.COM - Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang paling sering digunakan pasangan, khususnya wanita. Sebagai salah satu metode menunda kehamilan, pil KB memiliki efektivitas mencapai lebih dari 99 persen jika digunakan dengan tepat.

Namun, apakah pil KB boleh terus-menerus dikonsumsi? dr. Andika Widyatama dari klikdokter.com mengulas tentang efeknya, dan kembali diunggah di Facebook Sabtu (2/6) pukul 20.00 WIB.

Baca: Matahari Lippo Plaza Jadi Serbuan - Ini Item Pakaian Favorit Pria Milenial dan Wanita

"Pil KB merupakan kontrasepsi oral yang mengandung hormon dan dapat memengaruhi kadar hormon di tubuh," ujar dr. Andika. Pil ini terdiri dari 2 jenis, yaitu pil kombinasi (mengandung hormon esterogen dan progestin), dan pil yang hanya mengandung progestin.

Biasanya, wanita yang tidak bisa mengonsumsi estrogen karena masalah kesehatan yang dialaminya, dapat menggunakan pil progestin sebagai kontrasepsi. Dalam memilih metode kontrasepsi sangat penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor, seperti efektivitas dalam mencegah kehamilan dan efek samping yang ditimbulkan serta riwayat kesehatan Anda maupun keluarga.

Jangka waktu konsumsi pil KB

Sebenarnya tidak ada jangka waktu spesifik bagi seorang wanita untuk berhenti konsumsi pil KB, kecuali bila ingin memilik anak. "Sangat penting bagi Anda untuk melakukan kontrol secara rutin ke dokter mengenai pil KB yang Anda gunakan," jelas Andika.

Dengan demikian, Anda dapat memastikan agar pil KB dikonsumsi secara tepat, tidak menimbulkan efek buruk pada kesehatan, dan menurunkan risiko kehamilan yang tidak diharapkan.

Baca: Inilah 3 Situs Agama Paling Penting, Per-9 Juni Israel Tutup Pintu bagi Turis Indonesia

Baca: Soal Pohon Plastik - Sandiaga: Harusnya Koalisi Pejalan Kaki Juga Kritik yang Muncul Tahun Lalu

"Bila tidak memiliki masalah selama menggunakan pil KB pada satu tahun pertama, maka Anda bisa melanjutkan penggunaan pil KB selama beberapa tahun ke depan," imbuhnya.

Dampak konsumsi pil KB

Ada satu hal yang juga menjadi perhatian pada penggunaan pil KB dalam jangka panjang, yaitu meningkatkan risiko kanker. Menurut National Cancer Institute, penggunaan pil KB diduga sedikit menurunkan risiko mengalami kanker endometrium dan kanker ovum.

Halaman
12
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help