Diduga Langgar Aturan Pemilu, PMPD Tunggu Hasil Sidang 7 Kades

Tujuh Kepala Desa Kecamatan Depati Tujuh dan Air Hangat yang diduga melanggar pidana pemilu

Diduga Langgar Aturan Pemilu, PMPD Tunggu Hasil Sidang 7 Kades
grafis tribunjambi
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Tujuh Kepala Desa Kecamatan Depati Tujuh dan Air Hangat yang diduga melanggar pidana pemilu karena berfoto dengan salah satu calon Wakil Bupati Kerinci, bakal diberikan sanksi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Desa (PMPD) Kabupaten Kerinci.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerdayaan Desa Kabupaten Kerinci, Hasferi Akmal dikonfirmasi sejumlah awak media menjelaskan, untuk tujuh kepala desa tersebut sudah di tangan Panwaslu dan telah disidang di Pengadilan.

"Kejadian itu tidak sama sekali melibatkan Pemdes, karena murni dari Kades. Pada akhir 2017 lalu, kita sudah mengingatkan saat pelatihan kepala desa, perangkat desa, untuk Pilkada ini menjaga netralitas dan jangan ada keberpihakan dengan calon," jelasnya.

Namun lanjutnya, masih ada kades membandel dengan cukup berani berfoto dengan salah satu calon wakil Bupati yakni Ami Taher dengan memperlihatkan simbol nomor Dua.

"Tapi Tujuh Kades ini terlalu berani berfoto dengan calon, makanya ditindak langsung Panwaslu," sebutnya.

Ditanya sanksi bagi Kades yang melanggar aturan? kata Hasferi, masih menunggu putusan dari pengadilan terhadap tujuh kades tersebut. Tapi jika nanti terbukti bersalah, maka kita akan sanksi sesuai dengan tingkat kesalahanya.

"Untuk sanksi berdasarkan keputusan pengadilan nantinya, kita akan konsultasi dengan inspektorat dan bagian hukum. Yang jelas setiap ada larangan pasti tetap ada sanksinya. Kita sudah memanggil Camat untuk menanyakan perkembangan proses sidangnya," ucapnya.

Sedang untuk pengacara, katanya pihak Pemkab Kerinci tidak membantu jasa pengacara untuk 7 kades tersebut.

"Untuk pengacara tidak dibantu pemerintah kabupaten Kerinci. Pengacaranya kesepakatan dari kepala desa yang sebanyak 7 orang mencarinya," tandasnya.

Untuk diketahui Tujuh Kepala Desa yang berfoto dengan calon wakil Bupati yakni Kepala desa Koto tuo, Suhatmir, Kepala Koto Payang, Ardinal, Kepala Desa Pasar Semurup Ipan Chatib, Kepala Desa Kubang Gedang Fardi Amran, Kepala desa Belui Tinggi, Zul Pakani, kades Lubuk Suli, Faisal dan Kepala Desa Koto Lanang, Agusmantoni.(*)

Penulis: heru
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help