Kesehatan

Kerap Menggaruk Pantat? Waspadai 4 Penyakit Ini

Apakah Anda kerap mengalami hal ini? Jadi tengsin ya, apalagi kalau lagi di tempat umum. Namun bukan hanya soal tengsinnya saja

Kerap Menggaruk Pantat? Waspadai 4 Penyakit Ini
Net

TRIBUNJAMBI.COM - Apakah Anda kerap mengalami hal ini? Jadi tengsin ya, apalagi kalau lagi di tempat umum.  Namun bukan hanya soal tengsinnya saja, gatal di pantat juga bisa memunculkan iritasi.  Padahal kita sendiri sulit untuk bisa melihat dan melakukan pemeriksaan sendiri.

Minta bantu teman atau pasangan untuk melihat, tambah tengsin lagi.  Benar kan?

Dokter Dewi Ema Anindia mengulas tentang penyebab gatal di pantat ini yang kembali diunggah akun klikdokter.com, Minggu (13/5) pukul 16.00 WIB.

Dijelaskan Dewi, gatal pada pantat terkadang dapat menyebabkan frustasi karena gatal tersebut akan sulit untuk kita lihat perkembangannya. Sebenarnya apa saja sih yang bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal pada pantat?

  •  Apabila luka yang muncul : Merah, Gatal, dan terdapat cairan di dalam lukanya maka kemungkinan disebabkan oleh:  Herpes.

Penyakit menular seksual yang dinamakan Herpes, tidak hanya dapat muncul di daerah mukosa, namun dapat juga muncul pada daerah pantat dengan kasusnya yang tidak jarang. Apabila muncul gejala ini lakukanlah pemeriksaan ke dokter dan dokter akan meresepkan Anda obat-obatan anti-virus serta anti-nyeri.

  • Apabila luka yang muncul : Merah, gatal, dan bersisik maka kemungkinan disebabkan oleh: Infeksi Jamur

Jamur sangat suka berkembang di daerah yang lembab dan gelap, oleh karena itu, infeksi jamur seringkali muncul di daerah yang banyak gesekan seperti lipatan pantat. Apabila Anda menderita infeksi jamur, dokter akan memberikan obat anti-jamur untuk mengobatinya.

  • Apabila luka yang muncul : Merah dengan bintik seperti  jerawat maka kemungkinan disebabkan oleh: Folikulitis.

Menurut dr. Dewi, Folikulitis merupakan kondisi terjadinya peradangan saluran akar rambut yang disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati dan infeksi. Biasanya folikulitis dapat muncul di daerah pantat dan paha atas.

"Anda dapat mencegahnya dengan mengganti celana saat berkeringat, mandi secara bersih dan rutin, serta gunakan baju yang berbahan dingin," jelasnya.

  • Apabila luka yang muncul : Gatal, bersisik, serta terkadang disertai bintil merah maka kemungkinan disebabkan oleh: Ekzema.

Anda yang hobi menggunakan celana ketat harus mewaspadai ini.  Apalagi seringkali digunakan oleh wanita karena dapat menjadi faktor risiko munculnya ekzema dengan cara menjebak panas dan keringat sehingga memicu munculnya gatal dan merah pada kulit.

"Anda dapat mencegah hal ini dengan menggunakan baju dengan bahan dingin dan longgar," saran dr. Dewi.

Berikut, tautan lengkapnya:

Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help