Tips

Tubuh Langsing Berawal dari Cara Memasak Nasi yang Benar

Sudah diet, namun tetap saja berat badan (BB) tidak juga menunjukkan pengurangan berarti? Mungkin ada yang tidak tepat.

Tubuh Langsing Berawal dari Cara Memasak Nasi yang Benar
Ilustrasi nasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Sudah diet, namun tetap saja berat badan (BB) tidak juga menunjukkan pengurangan berarti? Mungkin ada yang tidak tepat. Salah satunya cara Anda memasak nasi. Lho memangnya beda cara, beda efek gitu?

Cara memasak nasi yang dapat membantu melangsingkan tubuh ini diunggah akun klikdokter.com, Minggu (15/4) pukul 13.00 WIB. Dokter pengasuh, dr. Kartika Mayasari menjelaskan, nasi putih mengandung kalori yang cukup tinggi. Satu mangkuk nasi mengandung sekitar 206 kalori dan sebagian besar akan diubah menjadi gula.

Baca: Sedang Sadap Karet, Warga Kungkai Merangin Ini Kaget ada Mayat Tergantung di Pohon

"Nasi putih juga memiliki indeks glikemik yang tinggi. Artinya, setelah mengonsumsi nasi, kadar gula dalam darah akan cepat meningkat," jelasnya.

Di Indonesia, nasi putih merupakan makanan pokok yang sudah jadi konsumsi utama masyarakatnya. Sehingga bukan hal yang mudah bagi Anda untuk menyingkirkan atau membatasi asupan nasi putih dalam kehidupan sehari-hari.

dr. Kartika pun berbagi tips untuk menyiasati kalori yang cukup tinggi pada nasi. The College of Chemical Sciences dari Sri lanka telah menemukan cara memasak nasi agar tidak membuat gemuk.

Begini caranya:

1. Tambahkan satu sendok teh minyak kelapa ke air mendidih saat memasak nasi.

2. Tambahkan setengah cangkir beras putih dan rebus selama 40 menit.

3. Setelah nasi matang, dinginkan selama 12 jam.

Baca: Puluhan Sekolah Dasar di Tanjabtim Segera Direnovasi

Baca: Begini Sikap Indonesia Terkait Konflik Suriah yang Memanas

Prosedur ini ternyata dapat meningkatkan kandungan serat dalam nasi sebanyak 10 kali lipat dibandingkan memasak nasi melalui prosedur pada umumnya. Kandungan kalori pada nasi putih pun menjadi 50-60 persen lebih rendah dari nasi yang dimasak tanpa tambahan minyak kelapa.

Gimana, mau mencoba?

Berikut tautan lengkapnya:

Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help