Lembaga Pemeringkat Moody's Investor Service Kerek Rating 5 Perusahaan BUMN, Ini Rinciannya

Setelah menaikkan rating Indonesia pada pekan lalu menjadi Baa2 dengan prospek stabil, lembaga pemeringkat Moody's Investor

Lembaga Pemeringkat Moody's Investor Service Kerek Rating 5 Perusahaan BUMN, Ini Rinciannya
Stanly/Otomania
SPBU Pertamina 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Setelah menaikkan rating Indonesia pada pekan lalu menjadi Baa2 dengan prospek stabil, lembaga pemeringkat Moody's Investor Service menaikkan peringkat lima korporasi BUMN.

Berikut perusahaan yang ikut mengalap berkah dari positifnya rating Indonesia.

1. PT PLN

Moody's telah menaikkan rating PLN, baik korporasi maupun surat utangnya menjadi Baa2 dengan prospek stabil, dari sebelumnya Baa3 dengan prospek positif. Peringkat yang sama juga disematkan Moody's pada obligasi senior unsecured keluaran Majapahit Holding BV, anak usaha PLN.

Baca: Soal Ucapan Amien Rais Tentang Partai Setan, Ketum PAN Zulkifli Hasan Bantah Mewakili Partai

"Peningkatan peringkat PLN mencerminkan posisi strategis perusahaan sebagai satu-satunya utilitas listrik yang terintegrasi secara vertikal di Indonesia, termasuk posisi dominannya dalam pembangkit, transmisi dan distribusi, dan hubungannya yang erat dengan pemerintah, tercermin dari 100% kepemilikannya oleh pemerintah," kata Abhishek Tyagi, Wakil Presiden dan Analis Senior Moody's dalam rilis resminya, Jumat (13/4).

2. PT Pertamina

Mengekor kenaikan rating Indonesia, PT Pertamina juga menikmati kenaikan peringkat menjadi Baa2 dari Baa3.

3. PT Perusahaan Gas Negara (PGN)

Moody's mengerek rating untuk korporasi dan surat utang menjadi Baa2 dengan prospek stabil dari sebelumnya Baa3 dengan prospek positif. Kenaikan rating PGN ini juga terimbas dari peningkatan rating Pertamina, yang menjadi induk PGN.

Halaman
123
Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved