Musibah Banjir

Air yang Masih Menggenang di Kawasan Drainase akan Dievaluasi

Akibat curah hujan yang cukup tinggi, beberapa titik drainase di Kota Jambi seringkali tidak mampu menampung luapan air, sehingga air

Air yang Masih Menggenang di Kawasan Drainase akan Dievaluasi
tribunjambi/rohmayana
Akibat hujan deras yang melanda kota Jambi sekitar tiga jam. yakni mulai pukul 14.00 hingga 17.00 sore, Selasa (3/4), kawasan lampu merah simpang empat Jelutung dari arah Thehok, banjir. 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Akibat curah hujan yang cukup tinggi, beberapa titik drainase di Kota Jambi seringkali tidak mampu menampung luapan air, sehingga air hujan sering menggenangi jalan.

Menanggapi hal ini, Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Jambi Yunius menyebutkan drainase yang ada di pinggir jalan sSebenarnya bukan menjadi tugas Dinas PUPR Kota Jambi saja, melainkan konteks SDA sangat berperan dalam sisi pembersihannya.

Baca: Baru Tahun Lalu Drainase Dibangun, Tapi Kok Tetap Banjir?

Diakuinya, di pinggir jalan provinsi dan kota yang sudah dibangun drainase hingga saat ini masih terjadi genangan air. Hal ini menjadi catatan bagi Dinas PUPR Kota Jambi untuk mengevaluasi genangan tersebut.

"Ada yang terjadi akibat pola cekungan jalan sehingga air hujan yang turun tidak mampu ditampung oleh drainase," katanya.

Menurutnya saat ini ada 19 titik banjir yang berada di kelurahan dan RT di Kota Jambi. "Artinya ini bukan hanya drainase saja melainkan wilayah banjir di Kota Jambi," ujarnya.

19 wilayah banjir RT dan kelurahan tersebut akan dianggarkan untuk penanganannya di SDA Provinsi, SDA Kota Jambi dan BWSS.

Mengatasi hal ini, pihaknya sudah meminta bantuan dengan BWSS Provinsi Jambi sebesar Rp 170 miliar dan Rp 9,5 miliar bantuan dari Dinas PUPR Provinsi Jambi. Sementara untuk APBD masih dalam proses perencanaan. "Kita lakukan secara bertahap," katanya.

Baca: Komunitas Innova Jambi Berkunjung ke Tribun Jambi, Bakal Gelar Kopdar se-Sumatera

Baca: Ketua HIPMI Jambi Hadiri Pertemuan dengan Presiden, Ini Pesan Jokowi Tentang Trans Sumatra

Penulis: Rohmayana
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help