Campur Karet dengan Aspal, Begini Cara Pemprov Jambi Dorong Hilirisasi Karet

Kata Sekda, satu di antara cara hilirisasi yang sedang dikaji saat ini adalah mencampur karet dengan aspal.

Campur Karet dengan Aspal, Begini Cara Pemprov Jambi Dorong Hilirisasi Karet
Kontan
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muzakkir

 TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi terus berusaha mendorong hilirasasi komoditi perkebunan di Provinsi Jambi, karet, kelapa sawit dan komoditi lainnya.

 Upaya yang dilakukan, di antaranya memermudah proses perizinan (sesuai dengan kebijakan Pemerintah Pusat), dan mengusahakan pembangunan pelabuhan di Provinsi Jambi, agar pengiriman produk dari lebih praktis dan tidak berbiaya tinggi (high cost).

 Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto mengatakan, hilirisasi komoditi perkebunan sangat penting untuk menghasilkan nilai tambah produk, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang bermata pencahariaan dalam subsektor perkebunan.

"Hilirisasi produk, terutama karet dan kelapa sawit sangat penting karena harga karet dan sawit sangat tergantung dengan harga di luar negeri,” kata Dianto dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Perkebunan Tahun 2019.

Kata Sekda, satu di antara cara hilirisasi yang sedang dikaji saat ini adalah mencampur karet dengan aspal. Untuk komoditi karet, selain hilirisasi, yang pentingnya bahan olahan karet (bokar) yang bersih, karena pihak pengusaha pabrik karet komplain tentang sering adanya bokar yang relatif tidak bersih, yang tentunya akan mempengaruhi harga karet.

Baca: BREAKING NEWS Kebakaran di Semurup, Baru Satu Rumah Terbakar

Baca: Waspada 7 Kota di Jambi Ini Potensi Hujan, Angin Kencang dan Petir, Jangan di Bawah Pohon

Baca: Sidang Heboh, Ketua DPRD Mengaku di Depan Jaksa KPK, Ada Tradisi Meminta-minta Uang ke Pemerintah

Untuk meningkatkan produktivitas komoditi perkebunan, Sekda menyebut bahwa Pemerintah Provinsi Jambi berusaha melakukan peremajaan komoditas perkebunan, kerjasama pembenihan dengan lembaga penelitian.

Pemerintah juga terus membantu petani dengan cara replanting, baik itu karet maupun sawit.

Baca: Masih Sangat Jarang Dimiliki Warga Jambi, Ini Penampakan Samsung Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus

Penulis: muzakkir
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help