Capai Rp 3,4 Miliar - Anggaran Beasiswa dari Pemprov Jambi Jadi Silpa, Ini Sebabnya

Dinas Pendidikan Provinsi Jambi memastikan bahwa anggaran beasiswa untuk tahun 2017 ini mengalami Silpa. Tak tanggung-tanggung Silpa

Capai Rp 3,4 Miliar - Anggaran Beasiswa dari Pemprov Jambi Jadi Silpa, Ini Sebabnya
TRIBUNJAMBI/HERI PRIHARTONO
Sosialisasi Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), di Balairung Unja, Senin (14/11/2016) kemarin, oleh Gubernur Zumi Zola. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dinas Pendidikan Provinsi Jambi memastikan bahwa anggaran beasiswa untuk tahun 2017 ini mengalami Silpa. Tak tanggung-tanggung Silpa yang bersumber dari beasiswa ini mencapai Rp 3,4 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Herianto mengatakan silpa yang dihasilkan tersebut bersumber dari beasiswa dokter spesiais dan kuota S3. 

 Kata Agus, adanya Silpa ini dikarenakan banyaknya calon penerima beasiswa yang ditolak oleh tim seleksi.  Alasan yang paling krusial adalah pemohon saat ini tengah mendapatkan beasiswa dari instansi lain. Selain itu, pemohon juga  tidak bisa melengkapi syarat yang ditentukan oleh Dinas Pendidikan, seperti pada jenjang dokter spesialis, ada dari mereka yang tidak bisa menunjukan surat rekomendasi dari Dinas Kesehatan dan RSUD. Selain itu ada juga yang usianya sudah melampaui batas.

Baca: Saat Kampanye Ini Janji Anies Sandi Soal Bantuan Modal OK OCE, Realisasinya Begini

"Orang yang menerima beasiswa adalah orang yang tidak dalam menerima beasiswa dari instansi lain," kata Agus.

Menurut dia, yang ditolak oleh pansel cukup banyak, untuk kuota beasiswa dokter spesialis 27 orang hanya ada 5 orang yang dinyatakan lulus. Kemudian pada jenjang S3  dari 50 kuota yang disiapkan, hanya 21 orang yang dinyatakan lulus.

“Ini yang menjadi silpa, dan sisa ini tidak bisa dialihkan,” katanya.

Ketika ditanya kapan beasiswa ini akan dicairkan ? Agus menyebut bahwa tak berapa lama lagi beasiswa ini akan dicairkan. Dan saat ini nama-nama yang menerima beasiswa tersebut sudah ada dan sekarang masih diteliti oleh bagian Hukum untuk diteruskan ke Gubernur Jambi.

“Saat ini SKnya masih diteliti oleh Biro Hukum sebelum di tandatangani oleh Gubernur Jambi,” kata Agus.

Baca: Dispora Gelar Kegiatan untuk Disabilitas

Baca: Dipecat Partainya, Syaihu Gugat ke PN Sarolangun. Tuntutannya Dikabulkan Termasuk Ganti Rugi Rp 3 M

Ia yakin, SK ini tidak lama, hitungannya diharapkan selesai satu atau dua hari mendatang, agar beasiswa dapat segera diberikan kepada penerima yang telah dinyatakan lulus. Nanti nama-nama yang lulus seleksi akan diumumkan di website Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

“iya nanti kita umumkan lewat website," sebut Agus.

Penulis: muzakkir
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved