TribunJambi/

Agrowisata Jambi

Di Jambi Sudah Hadir Taman 'Mekarsari', Ingin Menjajalnya?

Saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Tak lama lagi sudah bisa kok dirasakan bagaimana rasanya menikmati suasana seperti di Mekarsari

Di Jambi Sudah Hadir Taman 'Mekarsari', Ingin Menjajalnya?
TRIBUN JAMBI/ALDINO
Tanaman buah naga di kebun buah di Tanjung Jabung Timur, yang digarap seperti Taman Mekarsari Bogor 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Sudah tahu Taman Wisata Mekarsari? Atau Anda sudah pernah dengar taman buah yang sangat cantik dan adem, yang berada di Bongor itu?

Taman Wisata Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia. Beragam jenis buah-buahan unggul dari seluruh daerah di Indonesia dikumpulkan di sini.

Nah, di Jambi juga sudah ada, lho. Namun konsepnya lebih kecil. Saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Tak lama lagi sudah bisa kok dirasakan bagaimana rasanya menikmati suasana seperti di Mekarsari.

Baca: Ini 6 Fakta Menarik Aktris Raline Shah Yang Jadi Direktur AirAsia

Kepopuleran Taman Buah Mekarsari di Bogor yang menginspirasi Pemerintah Kabupaten (pemkab) Tanjung Jabung Timur. Di Desa Kota Baru, Kecamatan Geragai, Tanjab Timur dibangun suatu kawasan agrowisata.

Tidak tanggung-tanggung, 210 hektare lahan disiapkan untuk membangun proyek ini. "Namun yang baru dibebaskan sekitar 161 hektare yang bersertifikat," kata Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Tanjab Timur, Mariontoni, akhir Juli lalu.

Tanaman buah naga di kebun buah yang berada di Tanjabtim seluas 210 hektare, yang dibangun mirip Taman Mekarsari
Tanaman buah naga di kebun buah yang berada di Tanjabtim seluas 210 hektare, yang dibangun mirip Taman Mekarsari (TRIBUN JAMBI/ALDINO)

Bila berhasil, ini akan menjadi kawasan agrowisata buah pertama di di Provinsi Jambi. Kebun buah ini terpantau sudah ditanami durian, buah naga, jeruk, dan kelengkeng di lahan seluas 30 hektare. Bahkan buah naga di sana sudah berbuah.

Tak sekadar taman buah, di kawasan ini juga akan dibangun pusat pasar, penelitian tanaman unggul, areal perkantoran dan wahana wisata.

"Memang ini kita targetkan untuk jadi lokasi agrowisata. Ini juga bantuan dari kementerian," ujarnya kepada Tribun.

Proses penataan kawasan hingga pembangunan Mekarsari ala Tanjab Timur ini melibatkan peneliti dari IPB. Sehingga, bukan hanya menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) tapi juga menjadi lokasi pengembangan bibit unggul. (Simak Tulisan Lainnya Tentang Agrowisata Mekarsari Jambi di dalam portal berita ini)

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: suang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help